close

Objek Wisata Alam Kalibiru, Liburan Seru Ke Kulon Progo

wisata alam kalibiru

Wisata alam Kalibiru Kulon Progo – Siapa yang tak kenal Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih akrab dengan panggilan Jogja ini? hampir seluruh masyarakat kita mengenalnya.

Sesuai dengan nama yang di berikan, kota ini sungguh istimewa karena penuh dengan keindahan serta kaya akan segalanya.

Seperti halnya ketika berbicara mengenai seluk beluk tempat wisata yang ada di Jogja, seakan-akan itu tidak pernah selesai. Banyak sekali spot-spot yang menarik dan sayang untuk di lewatkan.

Salah satunya adalah wisata alam Kalibiru Kulon Progo. Dulunya memang belum begitu banyak di kenal oleh masyarakat, terutama perihal nuansa alamnya.

Tetapi sejak seorang selebritis yang mengunggah sebuah foto di kawasan wisata ini, bak tertimpa durian runtuh, nama Kulon Progo langsung melejit.

Wisatawan pun mulai berbondong-bondong mendatanginya. Hingga detik ini pun Kalibiru tetap menjadi salah satu destinasi yang sering sekali di kunjungi.

Desa wisata Kalibiru Jogja

Desa yang beralamat di Kalibiru, Sermo Hargowilis, Kokap Kulon Progo DIY merupakan kawasan hutan milik pemerintah yang di kelola oleh penduduk sekitar.

Hutan dan desa wisata ini berada di perbukitan Menoreh yang memiliki ketinggian 450 Mdpl.

Waduk Sermo

Destinasi wisata Kalibiru juga berdekatan dengan waduk Sermo. Untuk sampai ke waduk, pengunjung dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua.

waduk sermo - gambar 1

Sumber: Rentalhiacedijogja.com

waduk sermo - gambar 2

Sumber: Piknikdong.com

waduk sermo - gambar 3

Sumber: Rizkirahmatia.wordpress.com

Rute menuju desa wisata alam Kalibiru

Lokasi wisata bisa Anda capai dengan menggunakan kendaraan bermotor berkecepatan standar dan menempuh rute tertentu serta hanya akan memakan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam saja.

Ada 3 rute perjalanan yang dapat di pilih. Semua tergantung pada Anda, apakah ingin melalui jalur yang paling dekat atau sebaliknya.

1. Rute Sermo

Rute ini merupakan rute terfavorit yang paling banyak menjadi pilihan untuk sampai ke desa. Hal itu di karenakan para pelancong bisa sekaligus melihat pemandangan waduk Sermo yang indah.

Berikut sedikit panduannya:

  • Catatan: Jalur ini akan lebih cepat jika di tempuh melalui Sentolo.
  • Selanjutnya Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pengasih, dan lalui alun-alun Wates berikut RSUD-nya.
  • Ikuti jalan maka akan sampai di Beji, dari sini kita teruskan perjalanan ke Sermo dan Kalibiru.
  • Dari kota Jogja setelah melewati jembatan Bantar (3 jembatan berjajar), sekitar 3 km terdapat stasiun Sentolo.
  • Terakhir, ikuti plang arah ke kanan menuju Pengasih dan Wates.

2. Rute Clereng

Selain melalui jalur Sermo untuk menuju ke area rekreasi, kita juga dapat menggunakan jalur Clereng. Rute ini juga relatif lebih mudah dan cepat, sebab perjalanan yang di tempuh tidak begitu berat seperti Sermo.

Dari kota Jogja, tetaplah mengambil jalur yang sama yakni menuju Sentolo dan Pengasih.

Yang menjadi perbedaan di sini adalah ketika bertemu perempatan, Anda harus  belok ke kanan mengambil arah Clereng Kalibiru. Sekedar informasi, harap berhati-hati di sini karena banyak yang kebablasan setelah melewati rutenya. Hal ini di sebabkan oleh plang penunjuk arah yang kecil dan tidak mudah di lihat.

Sebagai panduan, jarak 300 meter dari pasar kecil Clereng, ada jembatan yang posisinya persis di tikungan. 20 meter selepas jembatan ada plang kecil penunjuk arah belok kiri menuju Kalibiru.

Nah dari sini kita hanya perlu menyusuri jalannya.

3. Rute Malioboro

Berikutnya adalah Malioboro, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menggunakan rute yang satu ini.

Berawal dari sini, ambillah arah menuju Purworejo. Kemudian ikuti terus saja jalannya dan akan tiba di terminal Wates.

Dari terminal tersebut, ikuti petunjuk arah menuju Waduk Sermo. Setelah sampai, Anda dapat memilih kedua rute yang sudah di bahas tadi. Ingin melalui Sermo atau Clereng.

Fasilitas yang tersedia

Bila berbicara soal destinasi wisata, rasanya kurang lengkap jika belum membicarakan fasilitas. Beragam layanan yang ada di sini tidak hanya sebagai pendukung area wisata saja, akan tetapi juga bisa menambah keseruan dan keasyikan selama berlibur ke Kalibiru.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain adalah parkir yang luas, pendopo, homestay, area perkemahan, fasilitas outbond, kawasan kuliner serta fasilitas MCK.

Layanan lainnya yang cukup menarik adalah menara kayu yang ada di atas pohon. menara ini bisa membuat kita melihat seluruh penjuru kawasan wisata sekitar.

Untuk tempat penginapannya sendiri, sudah di sediakan 6 buah homestay dan masing-masing memiliki daya tampung 10 hingga 15 orang. Lokasinya yang strategis serta di iringi dengan daya tampungnya yang cukup banyak, membuat homestay sering di jadikan tempat untuk makrab, hingga gathering.

Biaya yang di tawarkan untuk satu homestay relatif murah, mulai dari Rp. 120.000 per malamnya. Fasilitas lainnya seperti cottage juga terdapat di sini dengan asumsi harga sewa yang berkisar antara 120 hingga 125 ribu.

Sedangkan untuk pendopo mulai dari harga 150 ribu dengan harga satu kali makan mulai dari 10 ribu.

Merasakan keseruan Kalibiru

Berada di wisata alam Kalibiru, kita tidak hanya sekedar berjalan-jalan menikmati keasrian hutan di perbukitan Menoreh ini. Namun juga bisa merasakan keseruan lain yang lebih memberikan pengalaman tak terlupakan.

Aktivitas keseruan yang pertama, para wisatawan dapat menaiki menara yang terbuat dari kayu atau bambu di atas pohon. Dari atas menara ini, Anda bisa melihat keindahan sekitar Kalibiru dari ketinggian.

Selain itu, juga akan di suguhkan dengan pemandangan waduk Sermo yang luar biasa. Dan hanya di kenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah saja untuk dapat berfoto. Selain menara, juga ada gardu pandang yang menawarkan sudut pandang yang berbeda.

gardu pandang - gambar 2

Sumber: Arwini.com

gardu pandang

Sumber: Tempatwisataseru.com

Keseruan berada di kawasan wisata alam ini juga dapat di rasakan dengan wahana flying fox dan ayunan di atas ketinggian yang memacu adrenalin.

wisata alam kalibiru - jembatan

Sumber: Wikiwisata.com

Ada pula jembatan gantung yang bisa Anda sebrangi dan gunakan untuk menikmati nuansa alam Kalibiru.

Wisata kuliner di Kalibiru Jogja

Selain untuk berekreasi, Lokasi wisata ini juga banyak menyediakan berbagai pilihan kuliner yang rasanya lezat dan mantap. Sebab di setiap 50 meternya, Anda dapat menemukan para penjual panganan, mulai dari yang ringan hingga makanan berat.

Tema kawasan kulinernya pun tidak biasa dan terbilang menarik. Mulai dari kuliner dengan tema cafe, hingga yang bersifat tradisional seperti saung dengan kesan pedesaan. Silakan Anda pilih mana yang cocok dengan selera.

Harga tiket masuk

Ini yang selalu menjadi pertanyaan pertama ketika hendak mengunjungi suatu destinasi atau wahana, berapa harga tiket masuknya?

Untuk dapat menikmati semua fasilitas yang ada, Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 5.000 rupiah untuk setiap orangnya. Murah sekali bukan?

Biaya tambahan lain yang perlukan pun tidak mahal, hanya berupa ongkos parkir sebesar 2.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Itulah sedikit basa-basi kami mengenai wisata alam Kalibiru Jogja, wisata ini benar-benar menjadi rekomendasi dan wajib untuk masuk ke daftar tujuan liburan Anda. Segera rasakan ketenangan dan keindahan alamnya!