close

Toko Oen Malang, Tempat Nongkrong Yang Melegenda

toko oen malang

Di tengah banyaknya objek wisata dan perkembangan tata kota Kabupaten Malang, ternyata ada sebuah tempat yang sangat unik dan melegenda, yakni Toko Oen Malang. Toko ini merupakan sebuah kedai dengan menu utama es krim (berdiri sejak tahun 1930).

Sumber: skyscrapercity.com

Serba Serbi Toko Oen Malang

Lokasinya cukup strategis, berada sangat dekat dengan alun – alun kota Malang. Untuk dapat memastikan bahwa itu adalah Toko Oen pun tak sulit. Ada tanda terpampang berbunyi “Welkom in Malang, Toko Oen Die Sind 1930 Aan De Gasten Gezelligheid Geeft”.

toko oen malang - gambar 5

Sumber: anggaprabowo (tripcanvas.co)

Sedikit mengulas sejarah, menurut cerita penduduk sekitar dulunya merupakan tempat nongkrong para Meneer dan Mevrouw Belanda.

Selain itu, berkaitan dengan keunikan arsitektur bangunan Toko Oen memiliki desain tempat yang kental akan suasana zaman kolonial hingga saat ini. Lengkap dengan pajangan (foto hitam putih) menampilkan situasi Malang di masa lampau, serta furnitur rotan rendah dan meja bundar bergaya Belanda nan unik.

Pilihan menu favorit

Panganan paling menonjol dan menjadi favorit di sini adalah es krim dengan harga mulai dari 13.000 hingga 40.000 rupiah. Terdapat banyak variasi seperti single scoop dengan pilihan rasa vanila, stroberi, cokelat, moka dan durian gula jawa.

toko oen malang - gambar 1

Sumber: surabaya.panduanwisata.id

Menu old favorit seperti tutti frutti, peach melba, banana split, domino dan sonny boy. Fancy sundaes (tropicana cream, midwest sundae, oen special, chocolate parfait, serta calypso fantasy).

Ada juga menu lain yang cukup unik yakni es krim soda, milkshake aneka rasa, minuman tradisional seperti es sirup selasih, kolang kaling, avokad moka, es campur dll.

Menu resep asli dari Belanda

Lebih daripada itu, Toko Oen Malang tidak cuma menyediakan aneka manisan saja. Tersedia pula menu resep asli Belanda. Bahkan namanya pun memakai bahasa dari negeri kincir angin tersebut.

Anda bisa mencicipi aneka menu saus mustard seperti vleeskroetje met mosterd atau kroket. Ada juga loemoia atau lumpia bernama kiooen brood mer mosterd yang berarti pastry ayam.

Lalu opsi makanan ringan (salah satunya kentang goreng) di dalam deretan Lichte Snack dengan harga cukup murah, mulai dari 10.000 hingga 30.000 rupiah.

toko oen malang - gambar 3

Sumber: ranselkoperika.blogspot.co.id

Hingga pilihan sup yang sangat pas kita nikmati saat musim hujan atau pada saat malam hari, seperti sup asparagus kepiting, sup ayam, sup jamur, dan sebagainya. Berharga kisaran antara 25.000 hingga 35.000 rupiah.

Ada pula menu makanan berat yang menjadi favorit pengunjung adalah steak lidah. Tersaji dengan saus gurih dan manis dan harganya berkisar antara 50.000 hingga 60.000 rupiah.

toko oen malang - gambar 4

Sumber: travelingyuk.com

Akhir kata, banyak sekali variasi menu dengan jaminan rasa dan tampilan yang menggugah selera, serta tentu saja harganya juga cukup terjangkau. Bagi Anda yang berencana liburan ke Malang, wajib memasukkan Toko Oen Malang ini ke dalam daftar tujuan yang tidak boleh terlewatkan.