close

7 Tips Membawa Bayi Naik Pesawat Dengan Aman dan Nyaman

bayi naik pesawat

Anda tidak bisa sembarangan ketika hendak mengajak bayi untuk berpergian dengan pesawat. Yang pasti, hal seperti ini tentunya menimbulkan rasa khawatir dan was-was.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa tips ketika ingin membawa bayi naik pesawat.

Apa saja yang harus kita lakukan? Coba simak penjelasan di bawah ini:

Persiapan

Hal pertama yang harus di siapkan adalah popok sekali pakai dan juga tisu basah. Kedua hal ini wajib selalu ada untuk berjaga-jaga ketika anak ngompol dan muntah.

Selain itu, Ada baiknya juga untuk menyediakan air panas dalam botol, ini akan sangat berguna sebagai makanan darurat. Sedangkan untuk melindungi bayi dari kedinginan, sediakan pula selimut yang tebal.

Untuk kenyamanannya sendiri dan menghibur sang bayi, siapkan empeng serta beberapa mainan favoritnya.

Kapan bayi boleh terbang?

Nah, ini merupakan salah satu aturan yang juga harus Anda ketahui selaku orang tua.

bayi naik pesawat - gambar 1

Sumber : Parents.com

Aturan di berbagai maskapai berbeda-beda. Bahkan ada yang mengizinkan bayi untuk boleh ikut terbang dalam usia 2 atau 7 hari.

Tetapi secara umum, bayi akan lebih aman ikut terbang dalam usia minimal 3 bulan. Selain itu, maskapai biasanya membutuhkan surat keterangan medis.

Tips membawa bayi naik pesawat

1. Pesan tiket beberapa hari sebelumnya

Tips pertama adalah membeli atau memesan tiket penerbangan jauh-jauh hari. Mendapatkan tiket dengan cara seperti ini banyak keuntungannya, seperti harga yang lebih murah dan waktu persiapannya pun lebih panjang.

Selain itu, Anda bisa memastikan kesehatan bayi sebelum memutuskan untuk terbang.

2. Pilih penerbangan malam

Penerbangan malam setidaknya lebih menguntungkan bagi Anda karena itu waktunya bagi bayi untuk tidur. Dengan memilihnya, bayi akan memiliki potensi tidur yang lebih tinggi dan dapat beristirahat dengan baik.

Selain itu, suhu pada malam hari memang lebih sejuk jika di bandingkan dengan siang hari.

3. Datang lebih awal ke bandara

Dengan datang lebih awal, maka bayi Anda setidaknya bisa bersosialisasi dengan keadaan di bandara sebelum waktu penerbangan tiba.

Selain itu, hal ini juga dapat di gunakan sebagai salah satu strategi menghindari stres bagi orang tua. Biasanya jika seseorang tiba di waktu yang mepet, bisa di pastikan dia menjadi sangat terburu-buru dan cenderung emosi.

4. Hindari membawa banyak barang

Hal lain yang harus di perhatikan adalah sebaiknya hindari membawa barang yang banyak ketika berpergian.

Ini cukup penting, karena nantinya malah membuat kita menjadi repot. Anda mungkin akan kesulitan saat membawanya baik sebelum maupun sesudah penerbangan.

Selain itu, barang yang terlalu banyak juga akan membuat pengawasan terhadap bayi dapat berkurang dan tentunya sangat berbahaya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda lebih bijak dalam memilih barang yang memang harus di bawa.

5. Memilih kursi dekat lorong

Jika memiliki kesempatan, sebaiknya pilihlah kursi yang dekat dengan lorong. Manfaatnya adalah kemudahan saat pengambilan barang, apalagi itu memang sangat di butuhkan bayi Anda.

Lebih daripada itu, ruang duduknya pun jauh lebih lapang.

6. Beri susu sebelum berangkat dan pulang

Menyusui bayi sebelum berangkat akan membuatnya selalu dalam kondisi fit dan tidak kelaparan. Lalu, memberi susu setelah mendarat juga bisa memberikan rasa kenyang kembali setelah terbang untuk beberapa waktu.

Para pakar mengatakan bahwa keuntungan lain dari tips ini adalah mencegah bayi terkena masalah telinga yang di sebabkan oleh perubahan tekanan udara akibat ketinggian.

7. Dekap dan temani

Mendekapnya juga sangat penting untuk di lakukan agar bayi senantiasa merasa aman dan nyaman ketika penerbangan berlangsung.

Itulah beberapa tips umum yang bisa kami sampaikan, Anda tentu juga bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, ketika menemukan masalah dengan kesehatan bayi pasca penerbangan, Anda bisa segera berbegas untuk memeriksakan keadaannya dengan bantuan tenaga medis bandara.

Akhir kata, semoga semua ini dapat membantu untuk mengatasi beberapa masalah dalam penerbangan bersama bayi Anda.