close

Teluk Love Jember, Panorama Romantis Dari Atas Bukit

teluk love jember

Ketika banyak yang membahas tentang Raja Ampat atau pulau Karimunjawa di Jepara, ada baiknya bagi kita untuk menilik juga destinasi wisata alam serupa lainnya yang berada di Kota Suwar-suwir alias Jember.

Beberapa yang cukup populer antara lain adalah pantai Payanga, Watu Ulo, serta Bandelit. Namun mungkin, nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi terdengar di telinga Anda.

Gambar utama: Feryarifian.blogspot.co.id

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan coba membahas salah satu lokasi unik dengan kemegahan pesona alamnya, yakni Teluk Love Jember.

Perbedaan utama yang bisa kita temukan di pantai ini adalah keberadaan tiga bukit yang membuat pemandangannya semakin terlihat sangat cantik dan menawan. Selain itu, Ada banyak batu alas pijak yang bisa Anda gunakan saat ingin melompat ke air.

teluk love jember - gambar 4

Sumber: Explore-jember.com

teluk love jember - gambar 5

Sumber: Rikedian.wordpress.com

Anda juga bisa menyaksikan langsung kegiatan dari para penduduk sekitar pantai yang memang notabene-nya bekerja sebagai nelayan seperti memperbaiki jaring, atau sepulangnya dari melaut.

Asal muasal nama Teluk Love Jember

Mengapa namanya seperti itu?

Karena saat kita melihatnya dari atas, bentuk teluk ini hampir menyerupai simbol hati atau love.

Untuk dapat melihatnya secara jelas, silakan kunjungi bukit Domba (Hanya di butuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari pantai).

teluk love jember - bukit domba

Sumber: Areawisata.id

Selain itu, Anda akan di kenai biaya retribusi sebesar Rp. 5000.

Nah lalu, Kenapa bukit tersebut di namai dari jenis hewan? Tidak lain dan tidak bukan, itu karena pada bukit ini banyak di temui domba-domba milik penduduk.

Keunikan Teluk Love Jember

Momen unik pertama yang bisa Anda dapatkan di sini adalah ketika sore hari tiba menjelang malam, di mana pada saat itu terjadi proses terbenamnya matahari dengan sangat sempurna.

Selanjutnya pada bulan suro, wisatawan juga dapat menyaksikan keunikan lainnya dan itu datang dari penduduk sekitar yang melakukan upacara atau prosesi petik laut.

Prosesinya sendiri akan di lalui dengan serangkaian acara menarik, termasuk pementasan wayang kulit.

Lokasi pantai

Letaknya berada di pantai Payangan dengan jarak sekitar 200 meter dari ujung timurnya. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda bisa melewati Papuma, salah satu pantai yang juga sangat terkenal di Kota Jember.

Lebih daripada itu, kita juga tidak dengan mudah tersasar, karena tersedia begitu banyak marka atau rambu-rambu jalan.

teluk love jember - gambar 2
teluk love jember - gambar 3

Sumber: Matajatim.com

Untuk pengunjung yang datang dari pusat Kota, silakan ambil jalur ke arah selatan menuju Ambulu. Setelahnya, Anda akan menjumpai perempatan Ambulu.

Tetap lurus saja sampai bertemu dengan pertigaan kemudian belok ke kanan untuk tiba di Papuma. Terakhir, teruskan perjalanan sambil perhatikan penunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke Teluk Love Jember.