close

Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Di Indonesia

taman nasional wakatobi

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan segudang sumber daya serta keindahan alam yang luar biasa.

Begitu pula dengan pesona lautnya, ada banyak lokasi-lokasi indah yang bisa di nikmati dan kunjungi. Salah satunya adalah Taman Nasional Wakatobi.

Di sana, Anda akan melihat bukti konkrit dari kekayaan alam yang di miliki oleh tanah air kita.

Gambar utama: Snorkelingetc.com

Letak dan struktur

Lokasinya berada tepat di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Ibukota Wangi-Wangi. Luas areanya kira-kira 1,39 juta hektar.

Wakatobi merupakan singkatan dari nama empat pulau utama, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binoko.

Taman ini berbentuk kepulauan, terdiri dari 39 pulau, 3 gosong serta 5 atol yang mengelilingi sepanjang 600 km. Berdasarkan proses terjadinya, atol (pulau karang) di Wakatobi terbentuk oleh tenggelamnya lempengan dasar pulau.

taman nasional wakatobi - gambar 1

Sumber: Diversiondivetravel.com.au

taman nasional wakatobi - gambar 2

Sumber: Symbiosis-travel.com

Atol-atol yang cukup populer sampai saat ini antara lain adalah Kaledupa, Kapota dan Tomia.

Lebih daripada itu, Perairan Wakatobi termasuk ke dalam wilayah segitiga terumbu karang atau Coral Triangle. Di sebut seperti itu karena Taman Nasional ini memiliki keanekaragaman hayati laut yang cukup banyak.

Cakupan Coral Triangle meliputi Indonesia, Filipina, Malaysia, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Berkaitan dengan kondisi perairannya (kedalaman laut), Taman Nasional Wakatobi memiliki variasi yang unik. Ada yang datar dan melandai sehingga kita bisa menyelam di sini, lalu tiba di ujungnya yang berupa tubir (tepi) curam.

Perairan terdalamnya bisa mencapai 1.044 meter.

Kedalamannya ini juga sangat ideal sebagai tempat bertumbuhnya terumbu karang secara optimal.

Kekayaan alam Taman Nasional Wakatobi

Berbicara mengenai pesona Wakatobi, pada dasarnya keindahan dan kekayaan taman nasional ini sudah di kenal sejak jaman dahulu baik oleh lokal maupun internasional, terutama setelah terjadinya Ekspedisi Wallace dari Inggris.

taman nasional wakatobi - gambar 3

Sumber: Blog.wakatobi.com

taman nasional wakatobi - gambar 4

Sumber: Diversiondivetravel.com.au

taman nasional wakatobi - gambar 5

Sumber: Indonesiaexpat.biz

Keanekaragaman hayati lautnya menempati salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Setidaknya ada 850 spesies koral yang ada di seluruh penjuru dunia, 95%-nya berada di Wakatobi. Serta 112 jenis terumbu karang dari 13 famili juga tersebar di 25 titik. Sumber: Gocelebes.com

Seperti Acropora formosa, Acropora hyacinthus, Psammacora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucencis, dan lain-lain.

Selain keindahan karang dan tumbuhan laut, Anda juga akan tercengang saat melihat fauna yang ada. Untuk Jenis ikannya saja,

Taman Nasional Wakatobi memiliki 93 variasi ikan konsumsi dan hias.

beberapa yang dapat Anda temui di sini antara lain adalah Pogo-pogo (Balistoides viridescens), Takhasang (Naso unicornis), Napoleon (Cheilinus undulatus), Ikan merah (Lutjanus biguttatus), Baronang (Siganus guttatus), Ikan pari manta (Manta birostris) dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda bisa menjumpai berbagai jenis burung dan penyu. Jenis yang ada kurang lebih seperti Cerek Melayu, angsa-batu coklat, dan Eurasian kingfisher. Sedangkan untuk penyu, ada penyu sisik, lekang dan tempayan.