close

Stone Garden Bandung, Taman Batu Paling Unik

stone garden bandung

Stone Garden Bandung adalah salah satu lokasi wisata alam kota Bandung yang cukup menarik. Pasalnya, para pengunjung akan menjumpai beragam bentuk bebatuan unik di puncak-puncak gunungnya. Namun cukup di sayangkan, hingga saat ini belum di kelola secara penuh oleh pemerintah.

Gambar utama: tiptoeingworld.com

Rute menuju lokasi

Berada di Cipatat, Padalarang – Jawa Barat, Stone Garden dapat Anda capai dengan waktu kurang lebih 1 jam 5 menit (28 km) dari pusat kota.

Atau sekitar 20 menit atau sejauh 6 km kalau di tempuh dari jalur Padalarang, tepatnya melalui Jalan Nasional III dan 1 jam 18 menit (30 km) menyusuri Jalan Kolonel Masturi (jalur Lembang).

stone garden bandung - gambar 1

Sumber: yoseapermana.wordpress.com

Apabila menggunakan kendaraan roda empat, dari kota Bandung Anda cukup melewati jalan tol Purbaleunyi dan keluar di tol Padalarang menuju ke arah Cianjur.

Area Tagog Apu bisa di jadikan sebagai patokan setelah keluar tol. Ada gapura bertuliskan Goa Pawon dan Stone Garden berada di sebelah kanan jalan.

Lain ceritanya jika memanfaatkan kendaraan roda dua. Lewati Kota Baru Parahyangan terlebih dahulu, setelah itu tetap lurus menuju ke Cianjur sampai melalui pusat oleh-oleh Roti Unyil. Dari situ, ambil arah ke Jalan Raya Cipatat (kawasan berbelok-belok dan banyak pedagang di pinggir jalan).

stone garden bandung - gambar 2

Sumber: anadanani.wordpress.com

Keunikan Stone Garden Bandung

Mungkin memang belum sepopuler Bukit Moko atau Tebing Keraton. Tapi pesonanya juga tak kalah dari kedua objek wisata itu.

Stone Garden Bandung merupakan situs purbakala berbentuk perbukitan batu. Akibat struktur dan kondisinya tersebut, tak sedikit yang mengatakan wisata alam ini seperti Christmas Island-nya Australia.

stone garden bandung - gambar 3

Sumber: agusstrav12.blogspot.co.id

stone garden bandung - gambar 4

Sumber: trivindo.com

Bukit ini juga akan terasa sangat panas karena memiliki ketinggian kurang lebih 700 mdpl dan jarang sekali tertumbuhi pohon. Walaupun begitu, sudah tersedia gazebo untuk berteduh. Tak jarang pula kita akan menjumpai kawanan monyet berkeliaran.

Bagi para wisatawan yang gemar fotografi atau sedang hunting spot foto terbaik, wajib datang kemari. Tempat ini juga cocok untuk berburu momen matahari terbit atau pengambilan gambar landscape.

Bukan cuma itu, di sekitar kawasan tepatnya bagian bawah Stone Garden Bandung kita juga bisa mengunjungi objek wisata lain. Yakni Goa Pawon. Bagi para penggiat aktivitas luar ruang, Goa tersebut sangat kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi.

Harga tiket masuk

Tempat rekreasi ini di buka mulai dari pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Dengan harga tiket 5.000 rupiah per orang dan ongkos parkir berkisar antara 3.000 hingga 5.000 rupiah.

Ada tambahan pengeluaran lain, apabila setiap pengunjung ingin memanfaatkannya untuk keperluan khusus seperti:

  • Foto sesi pre-wedding di kenakan biaya 300.000 rupiah.
  • Syuting film, Anda harus merogoh kocek 15 juta per harinya.

Sumber: walterpinem.me

Tips wisata

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan selama berwisata ke Stone Garden Bandung:

  • Walaupun tersedia transportasi umum, kami tetap menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Sebab jalur yang harus Anda tempuh cukup sulit.
  • Waktu terbaik berkunjung adalah saat pagi atau sore hari. Karena cuaca belum terlalu panas. Namun jika terpaksa, pastikan selalu membawa topi atau payung.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman untuk trekking.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, mencoret-coret bebatuan dan mengganggu satwa di kawasan wisata.