close

Sendang Geulis Kahuripan, Kolam Alami Untuk Awet Muda

sendang geulis kahuripan

Jawa Barat memiliki beragam keindahan alami untuk kita kagumi. Salah satunya adalah Sendang Geulis Kahuripan yang sebenarnya sudah lama di ketahui oleh masyarakat sekitar.

Bagi wisatawan yang menyukai tempat-tempat indah tersembunyi dan masih alami, tempat ini bisa menjadi destinasi berikutnya. Konon, mata air tersebut dapat membuat Anda awet muda.

Gambar utama: Wisataterindah.net

Sejarah dan struktur alam

Istilah “Kahuripan” tampak tidak ada hubungannya dengan nama kerajaan kuno yang pernah ada di Indonesia tetapi memiliki arti kurang lebih sama.

Dengan pemandangan indah, mata air kemudian di beri tambahan kata “geulis”. Selain itu, juga cukup di kenal dengan nama Talaga Cikahuripan (juga memiliki arti serupa).

Sendang di percaya mampu memberi dampak positif bagi kehidupan warga setempat. Limpahan airnya di gunakan untuk berbagai hal, mulai dari mandi dan mencuci hingga untuk irigasi persawahan penduduk.

Lebih daripada manfaat besar, Geulis Kahuripan tentu memiliki keindahan alami yang memikat pula. Berukuran tidak luas, malah hanya sebesar kolam kecil, muat sekitar delapan hingga sepuluh orang dewasa.

Di sekeliling terdapat bebatuan berwarna coklat kehijauan, membentuk pinggiran yang dapat kita duduki. Dari celah-celah batu mengalir air bergemericik, memberi suasana sejuk dan segar.

Kedalamannya pun rendah. Orang dewasa harus berjongkok untuk bisa sedikit tenggelam. Karena hal tersebut pula, menjadi aman bagi anak-anak dengan tinggi badan tertentu.

Pepohonan juga tumbuh subur di sini dan berada pada area dengan suhu cukup dingin.

Sendang ini juga sudah lengkap dengan beberapa fasilitas untuk Anda gunakan seperti tempat ganti pakaian, toilet, saung peristirahatan, area parkir (tidak jauh dari lokasi), serta warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Rute menuju Sendang Geulis Kahuripan

Berada di kecamatan Cikalong Wetan dan bagian dari daerah Banten (perbatasan kecamatan). Setelah mencapai perbatasan tersebut, perhatikan sebelah kanan.

Anda akan bertemu gapura dengan puncak berbentuk seperti buah nanas. Masuki jalan tersebut dan terus lanjutkan hingga kurang lebih sejauh 4 km.

Tidak lama kita akan tiba di sebuah SD, di sini pengunjung biasa memarkir kendaraannya.

Catatan: Harap berhati-hati, karena kondisi jalan yang berlubang. Akan lebih baik melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Sampai di lokasi, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang.

Akhir kata, Sendang Geulis Kahuripan memang cocok sebagai tempat “pelarian” sejenak dari berbagai kesibukan. Keasrian dan belum tersentuh, udara sejuk, lingkungan bersih, serta kondisi air yang jernih seakan menjadi penawar di kala jenuh.