close

Punthuk Setumbu, Pesona Bukit Berlatar Borobudur

punthuk setumbu

Masih ingatkah ketika Rangga mengajak Cinta melihat matahari terbit di film Ada Apa Dengan Cinta 2? Tempat yang di kunjungi oleh pasangan tersebut adalah Punthuk Setumbu.

Sejak kemunculannya di film romantis klasik ini dan di kenalkan oleh seorang fotografer bernama Pak Parno, lokasinya semakin populer di kalangan para wisatawan. Setiap harinya selalu saja ada pengunjung yang datang.

Sumber gambar utama: Era-wisata.blogspot.co.id

Akses menuju Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan Desa Karangrejo Borobudur Magelang. Hanya di butuhkan waktu 1 jam saja dari kota Jogja untuk sampai kemari.

Perjalanan dapat di lakukan dari candi Borobudur. Selanjutnya tetap berjalan lurus sampai bertemu hotel Manohara (menuju ke arah perbukitan).

Sesampainya di pertigaan, ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Borobudur Nirvana Sunrise. Setelah dari sini, Anda akan tiba di parkiran Punthuk Setumbu.

Lanjutkan perjalanan dengan mendaki bukit (butuh waktu kira-kira 30 menit sampai 1 jam).

punthuk setumbu - gambar 3

Sumber: Siniyuks.com

Catatan: Jika ingin melihat matahari terbit, pengunjung wajib datang pagi-pagi sekali (sebelum jam 5). Terutama saat musim liburan, terkadang kita harus antri terlebih dahulu.

Harga tiket masuk

Pengunjung akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp. 15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.000 (wisatawan asing).

punthuk setumbu - gambar 2

Sumber: Dolanmagelang.blogspot.co.id

Kegiatan di Punthuk Setumbu

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan:

1. Menyongsong matahari terbit

Seperti namanya, Anda tentu dapat menikmati keindahan dari matahari terbit yang begitu memukau. Bukit ini memang terkenal sebagai tempat untuk melihat momen tersebut dengan sempurna.

Selain itu kita juga bisa menyaksikan pemandangan candi Borobudur dari sudut lainnya di sini, serta pesona lampu-lampu kota Magelang saat di matikan satu persatu menjelang pagi hari.

2. Trekking

Bagi yang suka dengan trekking, Punthuk Setumbu bisa menjadi pilihan yang tepat. Jalan setapak dan sedikit mendaki, akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Tinggi bukit sekitar 400 meter dan hanya di butuhkan waktu 30 menitan untuk sampai puncak.

3. Mengambil foto

Anda bisa mengabadikan Sunrise, kota Magelang tertutup kabut, langit berhias candi Borobudur yang kokoh dan momen-momen menarik lainnya di bukit ini.

Untuk hasil foto terbaik, datanglah pada awal juni hingga agustus. Karena di bulan-bulan tersebut, kita bisa melihat matahari terbit tepat di antara dua gunung, yakni merbabu dan merapi.

Objek wisata lain di sekitarnya

Selain mengunjungi Punthuk Setumbu, Anda juga dapat menyambangi beberapa pilihan tempat wisata seru lainnya yang berada di sekitar bukit tersebut.

Candi Mendut, Pawon dan Borobudur

Mendut, Pawon dan Borobudur merupakan rangkaian tiga candi buddha yang ada di Indonesia.

Mendut merupakan sebuah lokasi khusus untuk pelaksanaan ritual Chanting Buddhist Monastery atau lebih di kenal luas sebagai ritual meditasi orang beragama buddha.

candi mendut

Sumber: Pakettourjogja.com

Lain halnya dengan Pawon, candi ini dulunya di gunakan sebagai tempat pembakaran orang yang telah meninggal.

candi pawon

Sumber: Reubenteo.com

Selanjutnya adalah Borobudur. Siapa tak kenal dengan candi yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia ini? hampir semua mengenalnya.

punthuk setumbu - gambar 1

Sumber: Yukpiknik.com

Dinding batunya berdiri kokoh, kuat dan berisikan arca-arca budha, serta terukir relief-relief berceritakan keadaan zaman dulu kala.

Borobudur terdiri dari 7 tingkatan dan yang teratas merupakan candi dengan arca budha paling besar.

Gereja Ayam atau Gereja Jago

Gereja ini juga muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Bangunan tersebut merupakan sebuah bangunan tua yang sudah tidak di pakai.

gereja ayam - gambar 1

Sumber: Nicediscovers.com

gereja ayam - gambar 2

Sumber: Hipwee.com

Jika di pandang dari luar, bentuknya memang menyerupai ayam. Pada bagian atasnya terdapat area yang bisa Anda gunakan untuk menyaksikan keindahan alam sekitar (termasuk Borobudur).

Catatan: Gereja ini juga akan terlihat dari Punthuk Setumbu.

Desa Wisata Klipoh dan Purwosari Hill

Tempat wisata sekitar lainnya yang bisa di kunjungi adalah Klipoh dan Purwosari Hill.

Klipoh berjarak 2 km dari bukit. Di sini Anda dapat melihat penduduk setempat, saat sedang membuat kerajinan gerabah dan membelinya dengan harga terjangkau. Bahkan lebih daripada itu, Anda juga bisa belajar langsung membuat gerabah.

desa wisata klipoh

Sumber: Yogyakarta.panduanwisata.id

Sama halnya dengan Klipoh, Purwosari Hill posisinya berada di atas perbukitan layaknya Punthuk Setumbu. Di sini Anda juga dapat melihat matahari terbit berlatar Borobudur serta Gereja Jago.

Tips mengunjungi Punthuk Setumbu

Jika Anda berangkat dari kota Jogja, pergilah sekitar pukul 3 pagi, supaya bisa segera sampai di lokasi. Seperti sudah di sebutkan sebelumnya, akan memakan waktu kira-kira 1 jam perjalanan.

Setelah sampai di sana segeralah naik ke atas bukit, untuk mendapatkan spot terbaik ketika melihat Sunrise.

Jangan lupa saat trekking, gunakan selalu pakaian tebal dan sepatu yang nyaman, karena kondisi jalan agak licin serta udaranya juga cukup dingin.

Di sepanjang jalan menuju bukit ini memang sudah tersedia lampu penerangan. Tetapi demi keamanan, akan lebih baik untuk membawa senter cadangan.

Bawalah bekal supaya Anda tidak kelaparan atau kehausan ketika tiba di atas karena di sana masih jarang ada orang yang berjualan panganan.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan. Hindari corat-coret atau buang sampah sembarangan dan selalu jaga lingkungan supaya tetap bersih nan asri.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Selamat liburan.