close

Puncak B29 Lumajang, Panorama Luar Biasa Di Atas Awan

puncak b29 lumajang

Berkunjung ke gunung Bromo kurang lengkap bila tak menyambangi Puncak B29. Salah satu lokasi wisata yang penuh pesona di Lumajang. Memiliki julukan “Negeri di Atas Awan”, puncak ini menyuguhkan lautan awan putih dan sensasi serasa berada di atas awan.

Gambar utama: Muhammad Nur Aminuddin

Lokasi puncak B29 Lumajang

Beralamat di Desa Argosari (sebagian besar warga desanya merupakan Suku Tengger), Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini dekat dengan Bromo dan Semeru. Termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Puncak tersebut memiliki ketinggian mencapai 2900 Mdpl (ini asal muasal di beri istilah demikian), melebihi Bromo yang cuma memiliki ketinggian 2393 Mdpl.

puncak b29 lumajang - gambar 1

Sumber: maupiknik.com

puncak b29 lumajang - gambar 2

Sumber: prasetyobpn.blogspot.co.id

Pesona puncak B29

Ada dua spot pemandangan terbaik di lokasi ini. Pertama adalah hamparan perkebunan argosari yang membentuk barisan pegunungan mahameru dan kaldera yang cukup terkenal, yakni Pasir Bromo.

Selain itu, tempat ini sangat cocok untuk lokasi berkemah dan pendakian. Anda bisa mendirikan tenda, memasak sendiri dan berbincang sembari menikmati sensasi dingin oleh selimut kabut.

puncak b29 lumajang - gambar 5

Sumber: wisatamalangmurah.com

Kita tidak perlu pula khawatir soal panganan, sebab telah tersedia warung makan yang di kelola warga setempat. Bukan cuma itu saja, di sekitar kawasan juga terdapat objek wisata lain seperti air terjun.

Bagi pecinta dunia fotografi, B29 merupakan pilihan tepat. Dari atas puncak, para pengunjung bisa melihat langit biru, pesona awan putih dan deretan perbukitan berjejer rapi.

Terakhir, kita juga bisa mengabadikan momen berlatarkan pasir berbisik, padang savana dan cemoro lawang.

puncak b29 lumajang - gambar 4

Sumber: firnandaam.blogspot.co.id

Harga tiket masuk

Sebelum berjalan menuju puncak sejauh 2 km dengan lama waktu tempuh kurang lebih 1 jam, wisatawan harus melalui pos penjagaan dan membayar restribusi sebesar 3.000 rupiah per orang.

Tidak mau capek? silakan manfaatkan jasa ojek dengan tarif sekitar 75.000 rupiah (pulang pergi).

Akses dan rute menuju lokasi

Untuk mengunjungi Puncak B29, kami sarankan untuk membawa kendaraan sendiri. Selain ongkos ojek yang terbilang mahal, tentu Anda akan lebih leluasa.

Selain itu, gunakanlah kendaraan dengan sistem transmisi manual, karena nanti jalur yang di lalui cukup menanjak. Pastikan pula kondisi kendaraan, termasuk diri Anda sebelum berangkat demi mengatasi beragam hal tidak kita inginkan.

puncak b29 lumajang - gambar 3

Sumber: wisatasenibudaya.com

Nah, untuk aksesnya sendiri ada 2 jalur bisa di lalui:

Lumajang

Berawal dari sini, jarak yang akan di tempuh kurang lebih sejauh 60 km menuju daerah Senduro, lalu ambil arah ke Argosari.

Sepanjang perjalanan, Anda akan menjumpai banyak pemandangan atau suasana khas pedesaan. Termasuk perkebunan sayur milik warga sekitar, serta medan tanah miring yang menyesuaikan kontur perbukitan.

Malang

Lain lagi ceritanya apabila berangkat dari pusat kota. Arahkan kendaraan menuju Tumpang, lanjutkan sampai ke Gubug Klakah Poncokusumo, lalu Desa Ngandas. Sampai di pertigaan Jemplang, tetaplah lurus. Pada pertigaan selanjutnya, sebelum sampai desa Ranupani belok kiri, untuk memasuki kawasan Argosari.

Sebagai catatan, sepanjang jalur yang di lalui sering menanjak dan berliku dengan pinggiran jurang. Pastikan selalu waspada dan utamakan keselamatan.

Tips wisata ke puncak B29

Berikut sedikit anjuran saat mengunjungi:

  • Pergilah ketika cuaca sedang cerah, karena saat hujan jarak pandang menjadi lebih terbatas (tertutup kabut).
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat seperti jaket, sarung tangan, kaos kaki, tutup kepala dan sebagainya.
  • Pastikan alas kaki Anda nyaman untuk di gunakan saat berjalan kaki cukup jauh.
  • Bagi pengidap alergi udara dingin, wajib menyediakan obat khusus.
  • Pastikan kendaraan tidak mengalami kendala pada rem, karena jalan yang di lalui cukup terjal dan berliku.
  • Jika tujuan pengunjung adalah berkemah, maka pilihlah tempat yang tidak berada terlalu dekat dengan puncak, sebab anginnya terlalu kencang.