close

Pulau Sombori, Keindahan Tersembunyi Di Sulawesi Tengah

pulau sombori

Akhir-akhir ini terjadi perbincangan heboh soal salah satu pulau di Sulawesi Tengah, sangat mirip dengan Raja Ampat.

Mulai dari pemandangan bawah laut, tebing-tebing pantai hingga beragam aspek wilayah lainnya. Objek tersebut adalah Pulau Sombori, yang termasuk ke dalam wilayah konservasi perairan dan belum banyak wisatawan ketahui.

Gambar utama: jelajahsultra.com

Lokasi dan akses menuju Pulau Sombori

Untuk dapat menikmati wisata alam yang kaya akan terumbu karang indah nan cantik ini, Anda harus mengunjungi Desa Mbokitta di Kecamatan Menui Kepulauan, Morowali, Sulawesi Tengah.

pulau sombori - gambar 1

Akses terdekat adalah melalui Kendari (Bagian Tenggara), waktu perjalanan selama 4 sampai 6 jam melewati Pulau Labengki dari jalur selatan.

Perjalanan akan menempuh dua tahap, yakni via jalur darat dan laut. Agar lebih cepat, Anda bisa manfaatkan jalur darat tepatnya ke Kabupaten Konawe Utara dan di lanjutkan dengan speed boat selama 2 jam (hemat 13 jam daripada Anda melewati Poso).

pulau labengki

Pulau Labengki/ Sumber: kakaban.co.id

Pesona Pulau Sombori

Pulau ini memang tergolong sebagai tempat wisata baru dan akan segera menjadi primadona wisata, sejajar dengan tempat wisata sejenis di Indonesia.

Apabila kita perhatikan secara lebih detail, selain menyerupai Raja Ampat, Sombori juga sangat mirip dengan Phi Phi Island.

Yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau-pulau tersebut adalah adanya beberapa bukit karang menjulang tinggi, berada di atas permukaan wilayah laut.

pulau sombori - gambar 2

Sumber: somboriisland.com

Tempat wisata di sekitar

Selain pulau utama, masih ada beberapa pulau lain yang menjadi lokasi wisata sangat kami rekomendasikan bagi Anda khususnya para pecinta snorkeling.

Yakni Pulau Dua Laut dan Koko. Sama seperti Sombori kedua pulau tersebut pun belum terjamah oleh banyak pengunjung, sehingga masih terjaga keaslian alamnya.

Sensasi ber-snorkeling tentu terasa berbeda dan sangat istimewa, karena kita di temani oleh berbagai keindahan biota nan menawan seperti berbagai terumbu karang, spesies ikan dan beberapa makhluk hidup bawah laut.

Lebih daripada itu, ada pesona berikutnya yang bisa Anda temukan di sini yaitu Goa Tengkorak dan Berlian.

Mendengar namanya saja Anda pasti sudah mengernyitkan dahi, serta bertanya-tanya mengapa namanya sangat aneh cenderung seram. Di tilik dari asal mula atau sejarah, istilah Goa Tengkorak sampai sekarang masih belum di ketahui.

Berbeda dengan goa berlian yang memiliki fenomena ray of light, dapat dengan mudah di sebut demikian.

Suku Bajo

Selain kekayaan bawah lautnya yang mempesona, Sombori juga memiliki keragaman kebudayaan. Bagi para pelancong yang gemar menyusuri berbagai kebudayaan di Indonesia, maka berkunjung kemari adalah pilihan tepat.

Di pulau ini Anda menjumpai penduduk atau suku asli Sombori yang bernama Suku Bajo. Keunikannya sendiri di bandingkan suku-suku lain di tanah air adalah tempat tinggal mereka yang nomaden.

Bukan di dataran seperti warga pada umumnya, melainkan di atas sebuah kapal laut atau perahu yang berada di tengah-tengah laut. Fenomena seperti ini, juga dapat Anda temui di daerah kalimantan dengan nama pasar apung.

Jika pada pasar apung masyarakatnya cuma berjualan saja, namun Suku Bajo ini benar-benar hidup di atas permukaan air.

Akhir kata, Pulau Sombori merupakan salah satu investasi wisata masa depan yang dapat membuktikan kepada khalayak luar negeri, bahwa Indonesia memiliki beragam tempat wisata menawan yang tak kalah menarik untuk di sambangi.