close

Pulau Peucang, Menyatu Dengan Alam di Ujung Kulon

pulau peucang

Ada satu tempat wisata yang memang benar indah dan sangat kami rekomendasikan untuk masuk ke dalam daftar liburan Anda.

Yakni Pulau Peucang, sebuah pulau yang menawarkan surga dunia ini merupakan salah satu wisata alam terbaik di tanah air.

Sayangnya saat ini banyak yang mengurungkan niat untuk berkunjung ke pulau tersebut dengan alasan jarak tempuh yang cukup jauh.

Padahal, kelelahan selama perjalanan akan terbayar dengan lunas setelah Anda sampai di Peucang. Penasaran? untuk lebih jelasnya, mari kita ulas bersama di sini.

Gambar utama: Ariefgenter.wordpress.com

Lokasi Pulau Peucang

Dataran ini berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Provinsi Banten.

Peucang memiliki luas sekitar 3 hektar dan telah di nobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

pulau peucang - gambar 8

Sumber: Keboeinstein.wordpress.com

pulau peucang - gambar 1

Sumber: Pedomanwisata.com

Fasilitas lengkap

Beragam fasilitas telah tersedia di sini, salah satunya adalah kapal yang selalu siap sedia mengantarkan setiap wisatawan ke pulau.

pulau peucang - gambar 4

Sumber: Triptrus.com

pulau peucang - gambar 5

Sumber: Awiratours.com

Selanjutnya terkait dengan akomodasi, banyak losmen, dan hotel dengan berbagai pilihan harga pula tentunya dapat Anda temukan di Peucang.

Biasanya penginapan di sewakan dengan harga berkisar 150 hingga 300 ribu rupiah, tergantung pada kelas dan kelengkapan fasilitas.

Belum selesai sampai di situ saja, pilihan kuliner di kawasan Pulau Peucang ini juga terbilang lengkap. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, semua ada di sana.

Beberapa fasilitas seperti alat snorkeling hingga canoe juga bisa Anda sewa di sini, tanpa harus repot membeli dan membawanya terlebih dahulu.

Aktivitas seru

Tak hanya menikmati keindahan pulau dan pantainya saja, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di pulau ini. Berikut macam-macam aktivitas serunya:

1. Menikmati Sunset dan Sunrise

Ada salah satu spot yang menjadi rekomendasi untuk menikmati sunset. Lokasi tersebut berjarak 3 km dari sebuah penginapan Karang Copong atau tepatnya sebelah utara pulau.

pulau peucang - karang copong

Sumber: Beybeefeel.blogspot.co.id

pulau peucang - karang copong 2

Sumber: Raja-wisata.com

Dengan di temani oleh deburan ombak yang halus serta putihnya pasir, menjadikan tempat ini sangat pas untuk mengabadikan momen matahari terbit dan terbenam.

2. Menyatu dengan alam

Sembari menikmati keseruan di pantai, tentunya Anda juga akan semakin menyatu dengan alam. Mengapa tidak? Karena pulau ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang di lestarikan.

Jadi jangan heran saat berkunjung ke kawasan wisata ini dan melihat beragam jenis hewan seperti rusa, kera, merak bahkan hewan yang masuk dalam kategori berbahaya seperti babi hutan, hingga biawak.

pulau peucang - gambar 6

Sumber: Leander Khil (Khil.net)

pulau peucang - gambar 7

Sumber: Awiratours.com

Akan tetapi, hal ini justru akan menjadi pengalaman seru dan tak terlupakan bagi Anda. Meskipun para hewan tersebut sudah akrab dengan manusia, ada baiknya untuk tetap berhati hati dan jangan mengganggunya.

Area padang rumputnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Di kawasan tersebut, kita dapat melihat kawanan banteng saat tengah mencari makan.

3. Canoing

Ada banyak penyedia yang menyewakan cano di sekitaran kawasan ini, kita dapat ber-canoing bersama sembari menikmati pesona alam.

Rute menuju Pulau Peucang

Setelah kita membahas keindahannya, fasilitas serta kegiatan seru di Peucang, kini saatnya bagi Anda mempelajari rute untuk mencapai pulau tersebut. Berikut penjelasannya:

Dari Jakarta kita bisa menaiki angkutan umum menuju ke Serang Banten, perjalanan ini biasanya akan memakan waktu 2,5 hingga 3 jam. Lanjutkan perjalanan ke arah Labuhan, terminal Taronggong dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Selanjutnya gunakan fasilitas mini bus selama 5 jam perjalanan menuju Taman Jaya (desa terakhir sebelum desa Ujung Jaya)

Sesampainya di desa ini, Anda harus menyewa kapal untuk menyebrang. Harga sewanya memang cukup mahal, berkisar 1,5 juta rupiah (pulang pergi).

Nah agar biayanya semakin irit, akan lebih baik bepergian bersama rombongan.

Paket wisata ke Pulau Peucang

Jika Anda berminat mengunjungi pulau ini sebagai salah satu tujuan berlibur, tidak ada salahnya memilih paket wisata yang tersedia.

Saat ini ada banyak sekali pilihan paket bertebaran internet. Kita hanya perlu browsing dan membandingkan mana yang paling tepat untuk di pilih.

Tapi yang perlu di ingat adalah jangan asal saat mencarinya, bisa saja fasilitas atau layanan yang di berikan kurang lengkap atau tidak sesuai. Perhatikan secara detail fasilitas yang di berikan oleh penyedia jasa tersebut.

Biasanya berlibur dengan menggunakan paket wisata akan lebih murah dan nyaman, seperti tidak perlu repot berdesak-desakan di angkutan umum dan segala macamnya.

Itulah sedikit ulasan kami mengenai keindahan dan kelengkapan Pulau Peucang, Pandeglang Banten.

Jangan lupa bagi Anda yang hobi berwisata alam, senantiasalah selalu untuk menjaga keindahan dan keasrian sekitar pulau, serta hindari merusak atau memburu flora dan faunanya.