close

Banda Neira, Pulau Indah Dengan Seribu Pesona

banda neira

Ada banyak pulau yang terletak di Indonesia bagian Timur, menawarkan beragam keindahan pantai dan lautnya yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah Banda Neira.

Sebuah pulau yang memiliki berbagai hal unik seperti panorama kota tua yang sangat eksotis di mana dahulu oleh para saudagar kaya di jadikan sebagai pusat untuk melakukan transaksi jual beli.

Komoditas utama yang menjadi bahan transaksinya kebanyakan berupa rempah-rempah (paling di cari pada masa itu).

Gambar utama: Triptus.com

Beragam hal menarik di Banda Neira

Tidak hanya berkaitan dengan sejarah yang membuat tempat ini wajib untuk di kunjungi, Banda Neira juga terkenal karena perairannya yang kaya dengan biota laut.

Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu pulau yang paling indah di antara begitu banyak kawasan di Indonesia.

Biota yang terdapat di pulau ini sangat bervariasi bahkan ada lebih dari 300 jenis. Beberapa jenis yang umum di temukan antara lain adalah udang laut, gurita, penyu, kepiting merah, terumbu karang, dan masih banyak lainnya.

banda neira - gambar 1

Sumber: Aldian Silalahi (Flickr.com)

banda neira - gambar 1

Sumber : Ku2h.com

Jika mengingat sejarah pulau ini, sudah pasti Anda akan terkenang kisah dari Sutan Syahrir dan Bung Hatta. Kedua tokoh penting tersebut pernah merasakan betapa pahitnya di asingkan atau di buang oleh Belanda pada tahun 1936.

Meskipun memiliki banyak cerita kelam, Banda Neira kini telah menjadi salah satu objek wisata yang sering di kunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun asing.

banda neira

Sumber: Remon Matmey (Plus.google.com)

banda neira - gambar 2

Sumber: Sunreef-charter.com

Fasilitas dan kuliner

Beberapa fasilitas yang tersedia, terbilang cukup lengkap untuk ukuran wisata laut. Seperti:

Warung dan toko, tempat istirahat berupa pondok yang terbuat dari bambu, toilet umum untuk berganti pakaian dan penginapan dengan harga sewa yang relatif terjangkau.

Selain daripada itu, pulau ini juga menyediakan beragam kuliner yang wajib di cicipi.

Karena wilayahnya yang di dominasi oleh laut, kuliner apapun baik berupa jajanan atau makanan yang tersaji umumnya pasti berjenis Seafood.

Seafood merupakan panganan utama di sini, dan menunya yang paling populer adalah Ikan Kuah Pala Banda.

Menu yang satu ini mempunyai cita rasa khas dengan aroma rempah-rempah, di tambah rasanya yang pedas manis serta gurih. Ikannya sendiri di ambil langsung dari laut sebelum di olah.

Ikan Kuah Pala Banda di sajikan bersama kakap merah, lalapan urap, dan sambal bekasang khas pulau Banda Neira.

ikan kuah pala banda

Sumber: Abdulromli.it.student.pens.ac.id

Transportasi dan akses

Untuk sampai ke pulau ini, memang relatif agak sulit terutama bagi para pengunjung yang berasal dari luar pulau Maluku. Namun Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai rute yang dapat di pilih.

Bagi yang menggunakan jalur udara, Anda harus transit terlebih dahulu di bandara Hasanuddin Makassar.

Atau jika melalui bandara Denpasar Bali, pengunjung bisa transit di Ujung Pandang dan setelah itu berangkat menuju ke bandara Pattimura Ambon.

Khusus jalur laut, Anda bisa berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Catatan: Di butuhkan waktu sekitar 6 hari untuk tiba di lokasi.

Apa saja yang bisa di lakukan?

1. Snorkeling

Menyelam atau Snorkeling merupakan salah satu aktivitas yang paling sering di gandrungi oleh wisatawan di pulau ini. Umumnya, banyak di lakukan pada area Lava Flow yang penuh dengan hamparan terumbu karang.

Terdapat beragam lokasi menarik untuk ber-snorkeling seperti pulau Hatta, serta daerah dermaga yang menghadap ke Pulau Gunung Api.

banda neira - gambar 2

Sumber : Ilmitour.com

2. Benteng bersejarah

Selain wisata alam, di pulau ini juga terdapat bermacam-macam situs dengan nilai sejarah yang kental.

Spot-spot bersejarah tersebut antara lain adalah Perigi Rante, Rumah Captain Cole, gereja Tuan Banda serta Rumah Pengasingan Bung Hatta.

Anda juga bisa menemukan beberapa benteng seperti Belgica yang berdiri megah di ketinggian 30 meter dari permukaan laut serta Nassau yang di bangun lebih dulu oleh bangsa Portugis pada tahun 1609.

benteng belgica

Sumber: Sweetabstract.blogspot.co.id

benteng nassau

Sumber: Triptrus.com

3. Mendaki gunung api

Bagi para pengunjung yang suka dengan aktivitas pendakian, menapaki pulau Gunung Api juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

banda neira - gunung api - gambar 5

Sumber: Marjonandres.wordpress.com

banda neira - gambar 3

Sumber: Skimpysailing.com

Untuk mendaki gunung dengan ketinggian 666 mdpl ini tidaklah sesulit yang di bayangkan dan hanya membutuhkan waktu antara 1,5 hingga 2 jam dari dermaga menuju puncak.

Walaupun terbilang mudah, tetap ada baiknya bagi Anda untuk melakukan persiapan yang cukup dan usahakan untuk mengajak kerabat. Lebih daripada itu, kegiatan ini sangat di anjurkan di lakukan pada pagi hari saat cuaca belum terlalu panas.

Biasanya, anak muda setempat akan memulai pendakian sekitar jam 5 pagi supaya dapat menyaksikan momen matahari terbit di puncak gunung.