close

Eukaliptus Australia, Pohon Raksasa Negeri Kangguru

pohon eukaliptus australia

Kebanyakan pohon eukaliptus memiliki ukuran sedang. Namun, jika datang ke tempat asalnya, Australia, Anda akan terkejut saat melihat seberapa tinggi pohon-pohon tersebut bisa tumbuh.

Eukaliptus merupakan salah satu spesies pepohonan tertinggi di dunia yang menyaingi pohon kayu merah pesisir (Coast Redwood) dari Amerika Utara.

Gambar utama: bbc.com

Jumlah jenisnya bukan hanya ada satu. Faktanya, eukaliptus adalah sebuah genus yang membawahi sekitar 700 jenis berbeda dan merupakan spesies endemik khas Australia secara keseluruhan.

Spesies tertinggi adalah Eucalyptus regnans, dalam bahasa sehari-hari di kenal sebagai pohon abu gunung atau Mountain Ash yang umumnya bisa tumbuh menjulang melebihi 85 meter. Pohon ini juga tercatat sebagai tanaman berbunga tertinggi dunia.

pohon eukaliptus australia - gambar 1
pohon eukaliptus australia - gambar 2

Sumber: Rexness (Flickr)

Saat ini, yang paling tinggi memiliki postur 99,6 meter. Pohon tersebut di namai Centurion, dan tumbuh di daerah Tasmania selatan. Sebagai perbandingan, Redwood terbesar di dunia (Hyperion), memiliki tinggi 115,6 meter atau 16 meter lebih menjulang.

Di masa lampau, pohon abu gunung Tasmania pernah mencapai ukuran yang lebih besar ketimbang seperti sekarang ini.

Pada tahun 1881, seorang ahli survei bernama George Cornthwaite, mengukur sebuah pohon di daerah Victoria dengan tinggi 114,3 meter, atau 1 meter lebih pendek ketimbang Hyperion.

Lalu sebelumnya sekitar Tahun 1872, seorang inspektur hutan negara Australia bernama William Ferguson mengirim surat yang berisi bahwa ia pernah menemukan sebuah pohon tumbang dengan tinggi 133 meter.

Pohon tersebut hangus terlalap api, dan Ferguson meyakini bahwa ukuran aslinya adalah 150 meter. Klaim serupa juga banyak di publikasikan oleh beberapa orang.

Ferdinand von Mueller di laporkan pernah mengukur secara pribadi, dan di dapat ketinggian 122 meter. Sementara itu tahun 1862, seorang ahli bibit tanaman bernama David Boyle pernah mengukur sebuah pohon dengan ketinggian 119,5 meter.

Ada juga klaim tidak terverifikasi yang menyatakan penemuan mencapai 146 meter.

Pertumbuhan pohon eukaliptus Australia tidak maksimal

Di era sekarang, pohon dengan ketinggian optimal semakin sulit untuk di temukan. Ini secara karena mayoritas, tidak di biarkan hidup secara baik.

pohon eukaliptus australia - gambar 3

Sumber: Nicholas Jones (Flickr)

Umurnya rata-rata berada di kisaran 400 tahun. Spesies tersebut mengalami pertumbuhan tertinggi pada 90 tahun pertama, setelah itu barulah pertumbuhannya akan melambat. Pada titik ini, eukaliptus menjadi rentan akan serangan jamur, kebakaran, maupun aktivitas penebangan yang di lakukan oleh manusia.

Pohon abu gunung Tasmania memiliki nilai tinggi karena kualitas kayunya, dan telah di panen sejak awal era 1800-an. Berkaca dari sejarah, para penebang kayu biasanya menargetkan pohon-pohon dengan ukuran besar karena kuantitas kayu yang di dapat bisa lebih banyak.

Akibatnya, hutan di Australia kehabisan banyak pohon-pohon tua yang menjulang tinggi. Kini, hanya ada sebagian kecil yang masih hidup dari zaman sebelum kedatangan bangsa Eropa.

Tidak seperti kayu merah, pohon abu gunung bukanlah jenis yang di lindungi. Keberadaannya tersebut hanya ada sedikit di dalam kawasan konservasi lingkungan semacam Taman Nasional atau Situs Warisan Dunia.

Sebagian besar terletak di dalam kawasan yang di kendalikan oleh Otoritas Manajemen Kehutanan Negara Australia, di mana nantinya bisa di panen untuk di perjualbelikan.

Namun, kondisi ini akan segera berubah. Pada bulan juni 2013, Komite Warisan Budaya Australia telah memperluas batasan Situs Warisan Dunia Tasmanian Wilderness hingga lebih dari 170.000 hektar.

Ini berarti, sebagian besar pohon akan mendapat perlindungan tingkat tinggi dari pemerintah dan UNESCO, sehingga memungkinkannya untuk hidup hingga batas umur maksimal.

Jika kondisinya menguntungkan, maka besar kemungkinan bagi pohon eukaliptus Australia untuk tumbuh melebihi rekor dari pohon kayu merah Amerika Utara.