close

Keindahan Pantai Batu Bengkung Dan Pesona Bukitnya

pantai batu bengkung

Malang memang selalu memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari kota wisata Batu, hingga destinasi alamnya, yaitu Pantai Batu Bengkung. Pantai tersebut berada di pesisir dari jalur lalu lintas Selatan, atau lebih tepatnya desa Gajah Rejo, kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Gambar utama: arifmerinding.blogspot.co.id

Rute menuju pantai Batu Bengkung

Dengan kata lain, memiliki jarak kira-kira 65 kilometer berwaktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit dari pusat kota (jalurnya searah jembatan Bajul Mati).

Selain jembatan Bajul Mati, para wisatawan juga akan melewati deretan dari pantai-pantai nan memukau seperti Pantai Goa Cina, Ungapan, Jelangkung, Watu Leter, Parang Dowo, Kajaran, serta Telok.

Tak heran jika kota Malang bagian selatan sering di sebut sebagai “surga” pantai (Kota Seribu Pantai) yang tentunya memiliki keindahan masing-masing.

Setelah itu, barulah kita akan sampai di pantai Batu Bengkung. Ada tanda bertuliskan “Batu Bengkung” di pintu gerbang menuju destinasi wisata tersebut.

pantai batu bengkung - gambar 1

Sumber: satu-indonesia.com (Shuta Pratama)

Harga tiket masuk

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan wisata, setiap pengunjung wajib membayar sekitar lima ribu rupiah per orang, lalu biaya parkir khususnya kendaraan beroda dua atau sepeda motor sebesar lima ribu rupiah dan apabila Anda menginap, biayanya jadi dua kali lipat dari harga normal.

Lokasi wisata Pantai Batu Bengkung juga populer sebagai area yang di manfaatkan untuk berkemah. Menariknya, kita tak perlu membayar lagi jika ingin bermalam di sana.

pantai batu bengkung - gambar 2

Sumber: Anomharya.com

Sekilas asal usul nama pantai

Mengapa di namakan demikian? Hal itu di karenakan pantai ini memiliki keistimewaan, yaitu terdapat batu karang yang di hempas oleh ombak samudera laut selatan, terbentang panjang di antara dua bukit dan memiliki rupa yang membengkung.

pantai batu bengkung - gambar 3

Sumber: feryarifian.blogspot.co.id

pantai batu bengkung - gambar 4

Sumber: klikmeya.wordpress.com

Sebagai salah satu tempat wisata di Malang, Batu Bengkung telah menjadi destinasi yang cukup banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan, juga pernah menjadi referensi program beberapa stasiun televisi ternama.

Trekking dan pesona sunset

Layaknya pantai di Bali, Batu Bengkung juga punya pesona lain, yakni pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam secara sempurna. Lebih daripada itu ada dua bukit mengapit pantai, bisa pula di jelajahi.

Di mana bukit bagian barat memiliki tebing berjalur sempit, menuju lokasi terbaik untuk menyaksikan pemandangan laut biru.

Perlu di ketahui, pinggiran tebing masih minim struktur pengamanan sehingga Anda wajib selalu waspada.

Watu Lepek

Lain halnya sebelah timur, di bagian kaki bukit dapat kita temukan sekumpulan batu karang besar yang menempel pada badan tebing, lebih di kenal dengan Watu Lepek.

Watu Lepek sendiri merupakan istilah dari salah satu pantai yang masih berada di kawasan Batu Bengkung.

watu lepek

Sumber: Youtube.com (Dees Finchman)