close

Pantai Banyu Anjlok, Pesona Tersembunyi Di Selatan Malang

pantai banyu anjlok

Pantai Banyu Anjlok mungkin memang belum terlalu familiar di telinga kita. Bisa saja itu karena lokasi pantai ini terletak agak terpencil dan berada cukup jauh dari pusat Kabupaten Malang.

Keindahannya sangatlah mempesona, sebab di sana Anda bukan cuma menikmati suasana pantai. Namun ada pesona lain tak kalah memukau, yakni sebuah air terjun yang menghadap langsung ke arah samudera luas.

sumber: Haris Faray (indopesona.com)

Air terjun Banyu Anjlok

Sudah di singgung sebelumnya, daya tarik paling menonjol dari pantai tersebut adalah air terjun. Curug tersebut di aliri air yang sangat jernih dan menyuguhkan panorama menakjubkan.

pantai banyu anjlok - gambar 3
pantai banyu anjlok - gambar 1
pantai banyu anjlok - gambar 2

Sumber: ulinulin.com

Asal muasal istilah Banyu Anjlok pun berasal dari air terjun tersebut, yang di ambil dari kata serapan Bahasa Jawa. Di mana tiap katanya memiliki arti banyu = air dan anjlok = turun atau jatuh.

Rute menuju pantai

Beralamat di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke sana atau sekitarnya, silakan gunakan jalur bagian selatan Malang menuju Dampit. Setelah itu, lanjutkan ke Lumajang. Di sini, Anda akan menemui pertigaan kecamatan Tirtoyudo.

Ada tanda penunjuk arah ke beberapa wilayah berbeda. Belok ke kanan, di mana jalur tersebut juga searah dengan Pantai Sipelot (ikuti terus jalan utamanya).

pantai banyu anjlok - gambar 4

Sumber: panoramio.com

Tiba di pertigaan berikutnya, terdapat penunjuk arah ke Pantai Lenggoksono dan Wedi Awu. Ambil arah ke Lenggoksono dan teruskan perjalanan hingga tiba di kawasan wisata.

Perlu untuk di ketahui, pantai ini tidak bisa kita akses dengan kendaraan roda empat. Lebar jalan sangatlah sempit dan semakin ekstrim karena berbatasan langsung dengan jurang yang dalam. Kami harap Anda selalu berhati-hati dan waspada.

Aktivitas di pantai Banyu Anjlok

Banyak pula kegiatan yang dapat kita nikmati ketika mengunjungi Pantai itu. Setiap pengunjung bisa bermain air di kawasan air terjun, bibiran pantai, menikmati panorama indah, dan berkeliling menggunakan kapal.

Dari ulasan singkat tadi, kita jadi tahu bahwa potensi wisata di Malang sebenarnya begitu beragam. Apalagi wisata alamnya, seperti pantai bagian utara hingga ke selatan semuanya memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Tak ketinggalan pula banyak spot wisata air terjun yang tidak kalah pula daya tariknya.