close

Pantai Balekambang Malang, Tanah Lot Versi Pulau Jawa

pantai balekambang malang

Sekali lagi, Malang memang memiliki beragam destinasi wisata menarik. Salah satunya yang menawarkan panorama alam nan unik adalah Pantai Balekambang.

Kawasan wisata tersebut juga di kenal dengan sebutan Tanah Lot-nya Pulau Jawa. Lokasi Balekambang ini berada di pesisir sebelah Selatan, tepatnya Dusun Jambe, Jawa Timur.

Gambar utama: wisatajatim.info

Daya tarik utamanya bukan cuma berasal dari keindahan lautan dan “Tanah Lot” saja, Balekambang juga populer sebagai pantai bersih yang terbebas dari kotoran dan sampah.

Tak pelak, hal itu memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung atau wisatawan. Dan tidak jarang pula, banyak klub olahraga setempat menjadikannya tempat untuk berlatih.

pantai balekambang malang - gambar 1

Sumber: surabaya.panduanwisata.id

Akses jalan menuju lokasi terbuka secara resmi dan sebagian telah menjadi area perkemahan kegiatan pramuka. Garis pantai yang memanjang dengan hamparan laut biru menjadi pemandangan yang akan memanjakan mata Anda selama perjalanan.

Sehingga meskipun jauh dari pusat kota, keletihan atau rasa capek akan segera terbayar dengan keindahan alam sekitar. Termasuk saat air laut sedang surut, Anda dapat melihat aneka jenis biota.

Harga tiket masuk

Destinasi wisata ini juga terbilang cukup ramah kantong. Kita hanya perlu membayar biaya masuk sebesar 15 ribu hingga 20 ribu rupiah saja per orang.

Dengan harga itu, setiap pengunjung dapat menikmati beragam jenis layanan, meskipun hingga sekarang masih terus di benahi pengelolaannya. Catatan: belum termasuk biaya parkir kendaraan pribadi.

Pura Amarta Jati

Bukan tanpa alasan mengapa Pantai Balekambang di sebut-sebut sebagai Tanah Lot Jawa, itu di karenakan Pantai Balekambang memiliki pura bernama Amarta Jati, tepatnya berdiri di atas Pulau Ismoyo.

Adapun lokasi dari pulau tersebut berjarak sekitar 70 meter, menjorok masuk ke laut lepas dan terhubung dengan sebuah jembatan.

pura amarta jati

Sumber: alkisahikmah.blogspot.com

Akibat kondisi atau struktur alam yang demikian, Pura Amarta Jati atau di kenal pula dengan Pura Ismoyo terlihat seperti mengapung di lautan lepas.

Pemandangan ini, tentu menjadi lokasi terbaik untuk mengabadikan momen. Tak heran, selalu menjadi sasaran fotografer amatir maupun profesional. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pesona matahari terbenam (sunset) di atas pura.

pura amarta jati - gambar 1

Sumber: Heru C Rishardana

Sekilas mengenai sejarahnya, Amarta Jati di bangun pada tahun 1985 (masa pemerintahan bupati ke-14, Eddy Slamet). Bangunan tersebut di peruntukan bagi mereka atau warga yang beragama Hindu, terutama saat hari-hari besar, seperti “suro” dan “jalanidha puja“.

Terdapat aturan khusus yang di tetapkan bagi para pengunjung berjenis kelamin wanita, yakni tidak di perbolehkan masuk apabila sedang haid.

Rute menuju pantai Balekambang

Berjarak sekitar 57 kilometer dari bagian sebelah Selatan dari pusat kota, Pantai Balekambang dapat kita sambangi dari beragam jalur.

Misalnya melewati jalur Malang menuju Kepajen, lanjutkan perjalanan ke Pagak lalu Bantur, hingga tiba di lokasi. Jalur lainnya antara lain melalu terminal Ariosari menuju Turen, kemudian Gondanglegi dan Bantur.

Kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan (motor atau mobil). Terlebih apabila ingin lebih leluasa. Sebab, tidak ada angkutan atau transportasi umum yang akan mengantar Anda langsung ke sana.

Fasilitas sekitar pantai

Tersedia fasilitas kamar mandi air tawar (tak resmi). Selain itu, ada wahana flying fox yang bisa di nikmati hanya pada hari sabtu saja.

Untuk kebutuhan selama wisata, oleh-oleh atau buah tangan, di sini banyak kita jumpai beragam toko yang menjual aksesoris seperti baju pantai, kalung, topi, gelang, termasuk gantungan kunci unik.

Fasilitas lain yang juga bisa Anda coba adalah restoran bernuansa tradisional dan modern, lalu bungalow dengan tempat ibadah dan pendopo, serta beragam layanan penginapan dekat pantai Balekambang.