close

Menikmati Suguhan Alam Pantai 3 Warna Malang

pantai 3 warna malang

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu spot wisata alam yang sangat mempesona di pinggiran Malang, yakni Pantai 3 Warna Malang.

Pantai tersebut masih tergolong tempat rekreasi baru. Popularitasnya sudah tersebar ke beragam kalangan wisatawan.

Gambar utama: rentalmobilmalang.id

Daya tarik utamanya sesuai dengan nama lokasi itu sendiri, yaitu terdapat warna air yang berbeda-beda. Seiring maraknya media sosial seperti sekarang, membuat keunikannya semakin terkenal.

Selain dapat menikmati keindahan pantai, di kawasan ini kita juga dapat melihat lokasi konservasi tumbuhan bakau atau hutan mangrove dan juga terumbu karang. Tentu, 3 warna masih satu wilayah dengan pusat rehabilitasi dan konservasi tersebut.

pantai 3 warna malang - gambar 1

Sumber: Asliindonesia.net

pantai 3 warna malang - gambar 4

Sumber: januarfonti.com

Alamatnya berada di daerah konservasi Sendang Biru,  Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Tepat bersebelahan dengan Pantai Sendangbiru dan pintu masuk Cagar Alam Pulau Sempu. Jadi, Anda bisa sekalian mengunjungi berbagai spot menarik lain di sekitaran Pantai 3 Warna Malang.

Untuk bisa masuk, pengunjung wajib membayar biaya tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang. Selain itu, tersedia pula jasa tour guide lokal seharga 100.000 rupiah untuk 1 rombongan (10 orang).

Hal paling unik di sini adalah di berlakukannya sistem kuota oleh pengelola pantai (Organisasi Bhakti Alam yang anggotanya juga merupakan warga sekitar kawasan).

Di mana sistem tersebut baru berlaku jika kuota pengunjung sudah terpenuhi dan di laksanakan secara bergiliran.

pantai 3 warna malang - gambar 2

Sumber: pasuruanstreetfire.wordpress.com

Bagi para pengunjung yang memiliki hobi atau berkeinginan untuk melakukan aktivitas snorkeling, juga di sediakan fasilitas penyewaan, dengan biaya sebesar 15.000 rupiah per satu set alat (terdiri dari pelampung, alat bantu napas, dan kacamata renang).

Sekali lagi, sarana dan infrakstruktur pantai masih belum cukup memadai. Toilet pun masih jarang. Hal itu cukup di maklumi mengingat area wisata ini belum lama di buka.

Seperti yang sudah sempat kami sampaikan sebelumnya, daya tarik utama dari Pantai 3 Warna Malang adalah keunikan warna airnya. Fenomena tersebut terjadi karena adanya perbedaan kedalaman dasar laut. Semakin dalam ke dasar laut, maka warna air akan semakin gelap.

pantai 3 warna malang - gambar 5

Sumber: dakatour.com

Kita juga masih bisa menikmati suasana pantai nan bersih dan kejernihan air, hingga terumbu karang di dasar laut masih terlihat. Tentunya ini, menjadikannya sebagai lokasi snorkeling terfavorit di Malang.

Rute menuju Pantai 3 Warna Malang

Untuk mencapai area wisata, Anda harus memulai perjalanan dari pusat kota Malang dan mengambil jalan ke arah Gadang, Turen. Selanjutnya, temukan tanda penunjuk arah ke pantai Sendangbiru. Dari situ, waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam.

Di persimpangan jalan, carilah tanda penunjuk bertuliskan arah menuju Pantai Goa Cina dan Sendangbiru. Ambil arah menuju Goa Cina.

Teruskan perjalanan sejauh 2 km kemudian berbelok ke kiri menuju arah TPI. Ikuti saja, tidak lama kita akan sampai ke area perkampungan warga, kemudian akan ada petunjuk arah lagi untuk memasuki kawasan wilayah konservasi Clungup Mangrove Conservation.

pantai 3 warna malang - gambar 3

Sumber: coretanhari110.blogspot.co.id

Kami sarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, karena ada jalan sempit yang bisa membuat Anda berada sangat dekat dengan pantai. Jadi, tidak perlu berjalan jauh.

Bagi yang membawa kendaraan roda empat, tersedia pula lahan parkir. Namun agak jauh dari lokasi wisata (harus berjalan kurang lebih 1 kilometer). Terakhir, untuk mendapatkan pemandangan terbaik, sebaiknya pilih waktu kunjungan saat air laut dalam keadaan normal, yaitu sebelum tengah hari.

Informasi dan reservasi

Ingat, kawasan ini pengunjungnya di batasi kuota. Akan jauh lebih aman, apabila sebelum tiba waktu keberangkatan Anda hubungi pengelola terlebih dahulu, melalui 081233339889 untuk informasi ketersediaan kuota dan melakukan reservasi.

Apalagi ingin mengunjungi saat akhir pekan atau hari libur adalah waktu. Kemungkinan sedikit susah dan kita harus bersaing dengan wisatawan lainnya.