close

Museum Angkut Malang, Jelajah Koleksi Otomotif Terbaik Dunia

museum angkut malang

Museum Angkut Malang, terasa asingkah di telinga kita? Memang pada dasarnya, belum sepopuler Vredeburg Jogja atau Museum Fatahillah Jakarta.

Namun Anda tidak bisa memandangnya sebelah mata. Walau baru di buka 3 tahun lalu tepatnya 3 maret 2014, sudah banyak turis lokal maupun mancanegara yang mengunjungi. Penasaran? simak ulasan singkat di bawah ini.

Gambar utama: malang-guidance.com

Merupakan museum pertama yang memiliki berbagai macam koleksi lengkap mobil-mobil terbaik dunia, serta satu-satunya di Asia yang telah menampilkan lebih dari 300 unit mobil kuno (antik) dan modern.

Museum Angkut Malang memberikan suasana dan konsep nan unik, serta menyenangkan bagi semua para pencinta otomotif. Tersedia beragam atraksi wisata yang mencoba menggabungkan pengalaman liburan dan sejarah.

Sebagai contoh, terdapat tema suatu negara atau diorama berdasarkan jenis kendaraannya dan lain-lain.

Lokasi dan akses Museum Angkut Malang

Beralamat di lereng gunung Panderman, Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Batu. Selain kendaraan roda dua dan empat, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum untuk mencapai lokasi wisata (di butuhkan waktu kira-kira 15 menit dari pusat kota Malang).

Caranya ialah dengan menaiki angkutan kota rute Stasiun Malang, kemudian berhenti di Terminal Landung Sari. Terakhir, lanjutkan perjalanan dengan bis jurusan Jombang.

Harga tiket masuk

Museum Angkut Malang mulai di buka dari pukul 12.00 hingga 20.00 WIB.

  • Tiket masuk (hari biasa), senin – kamis: 60.000 rupiah per orang.
  • Tiket masuk (akhir pekan), jumat – minggu/ tanggal merah/ hari libur: 80.000 rupiah per orang.

Anda juga wajib mengeluarkan uang sebesar 30.000 rupiah, untuk bisa membawa masuk kamera.

Intip koleksi keren Museum Angkut Malang

Sekali lagi, museum tersebut tak cuma mengoleksi berbagai jenis kendaraan modern. Para pengunjung juga bisa melihat tunggangan masa lampau seperti perahu, dokar, sepeda onthel, becak, pedati, hingga kapal laut dan terbang.

Semua itu terdiri dari kumpulan produk original, termasuk hasil modifikasi dan replika kendaraan asli.

museum angkut malang - gambar 2

Sumber: Mediamaya.net

museum angkut malang - gambar 1

Sumber: Wikimedia.org

museum angkut malang - gambar 3

Sumber: intaninchan.wordpress.com

museum angkut malang - gambar 4

Sumber: wisatakebromo.com

Pembagian zona museum

Museum Angkut Malang terbagi ke dalam beberapa bagian (zona). Masing-masing zona, telah di sesuaikan dengan tema kendaraan tertentu.

1. Hall Utama

Hall Utama adalah zona yang Anda temui pertama kali, saat memasuki Museum Angkut di Malang. Konsep lingkungan dan suasana, syarat akan kemegahan akan langsung terasa di sini.

Pengunjung akan melihat sekumpulan alat transportasi populer dari semua negara dan waktu ke waktu.

2. Edukasi

Sebuah zona yang lebih menitik beratkan pada kelengkapan informasi mengenai nuansa sejarah dan pengetahuan bertema pendidikan, tentang alat angkut yang tersebar di tanah air dan seluruh penjuru dunia.

Zona ini memiliki beberapa koleksi andalan, salah satunya adalah mobil seri Chrysler Windsor Deluxe (pernah di gunakan oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno).

3. Sunda Kelapa dan Batavia

Yaitu sebuah zona yang mengumpulkan berbagai pilihan kendaraan, berkonsep lingkungan Jakarta tempo dulu.

Ada pula diorama pelabuhan layaknya masa kependudukan Belanda di Indonesia, termasuk Menara Syahbandar yang memberikan bagaimana gambaran kondisi transportasi kala itu.

4. Gangster Town dan Broadway Street

Zona Gangster Town Dan Broadway Street merupakan salah satu zona paling di sukai oleh para pengunjung. Hal ini di sebabkan oleh suasana yang sangat mirip dengan kondisi atau salah satu adegan di film-film gangster Amerika.

5. Jepang

Museum Angkut Malang juga memiliki sebuah zona khusus yang memamerkan koleksi kendaraan asal negeri sakura.

Mulai dari angkutan kuno hingga modern, akan kita jumpai di bagian ini. Selain itu, wisatawan bisa menyaksikan bagaimana pesatnya perkembangan teknologi transportasi Jepang.

6. Eropa

Biasa di kenal dengan zona romantis, karena konsep lingkungannya sama persis dengan kota-kota di Eropa. Kita dapat merasakan suasana malam nan syahdu, seperti di Paris, Spanyol, dan lain-lain.

7. Istana Buckingham

Merupakan zona yang akan membuat Anda, layaknya menjadi bagian dari Kerajaan Inggris.

8. Las Vegas

Zona berikutnya milik Museum Angkut Malang untuk setiap pengunjung yang ingin merasakan suasana negeri Paman Sam.

9. Hollywood

Zona tematik yang mengusung konsep film Hollywood. Bagian tersebut menyediakan bermacam varian mobil, mulai dari kendaraan ikonik Scooby Doo hingga Batmobile milik Batman.

Akhir kata, kita bisa menikmati semua wahana menarik di atas hanya dengan mengunjungi Museum transportasi tersebut. Selain itu, Anda juga akan di manjakan dengan berbagai macam pilihan kuliner, mulai dari aneka kudapan tradisional hingga panganan terkini.

Tunggu apa lagi. Mau liburan menyenangkan, berkesan dan berbeda? Museum Angkut Malang jawabannya.