close

Malino Highland, Indahnya Hamparan Kebun Teh Hijau

malino highland

Objek wisata di Indonesia tidak melulu hanya di dominasi oleh wilayah Indonesia barat. Faktanya, bagian timur pun juga memiliki potensi yang tak kalah menarik.

Surga tanah air yang ada di belahan Timur salah satunya berlokasi di kota Makassar, dan saat ini telah menjadi agenda wisata turis lokal maupun mancanegara.

Gambar utama: Jelajahsuwanto.blogspot.co.id

Seperti yang kita ketahui, kota ini mempunyai ikon wisata yang sudah sangat terkenal dan melegenda yakni Pantai Losari. Namun lebih dari pada itu, ternyata banyak tempat wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi mulai dari taman laut, serta wisata sejarah.

Nah di kesempatan kali ini, kami mengajaknya Anda untuk lebih mengenal salah satu destinasi menariknya yang bernama Malino Highland.

Lokasi Malino Highland

Letaknya tidak terlalu jauh dari kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tinggimoncang, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan.

Dari pusat kota, Malino Highland berjarak sekitar 80 kilometer ke arah selatan. Lokasinya terbilang cukup strategis.

Untuk menuju kesana, hanya di butuhkan waktu sekitar 2,5 jam jika berangkat dari kota dan bisa di tempuh dengan beragam jenis kendaraan.

Harga tiket masuk dan akomodasi

Para pengunjung akan di kenakan biaya retribusi sebesar 50 ribu rupiah untuk dewasa dan 25 ribu rupiah untuk anak-anak.

Bagi yang ingin bermalam, Anda tentunya tidak perlu khawatir karena banyak sekali penginapan yang tersedia mulai dari villa hingga hotel.

Harganya pun masih relatif terjangkau, yaitu di kisaran 1 juta rupiah. Biasanya, biaya sewa ini akan bergantung dari jenis akomodasi, fasilitasnya dan hari saat Anda memesan.

Dengan kata lain, villa atau hotel yang di sewa saat hari libur nasional atau hari besar tentunya akan di banderol dengan harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan hari biasa.

Sejarah Malino Highland

Sebelum di kenal seperti sekarang, Malino highland hanyalah sebuah lahan perkebunan teh dengan luas 900 hektar dan dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Melihat potensinya yang sangat strategis dan menjanjikan, akhirnya kebun di sulap menjadi sebuah tempat wisata yang sangat nyaman dan indah.

Kafe Green Peko

Ketika mencapai puncak dari Malino Highland, Anda bisa bersantai di sebuah kafe yang bernama Green Peko sambil menikmati pemandangan alam kebun teh.

Kafe ini memiliki gaya arsitektur yang cukup unik, yakni Jepang klasik.

Green Peko menyediakan berbagai macam panganan, mulai dari yang ringan hingga santap berat serta beragam varian teh dengan menu unggulannya Malino Green tea.

kafe green peko - gambar 2

Sumber: Hellomakassar.com

kafe green peko - gambar 1

Sumber: Gemarjalan-jalan.blogspot.co.id

Sesuai namanya, teh ini merupakan minuman teh hijau yang menawarkan rasa khas dan unik.

Aktivitas outdoor

Di samping hanya sekedar bersantai, Anda dapat pula menikmati kegiatan outdoor-nya.

Ada banyak aktivitas yang bisa di lakukan, beberapa di antaranya adalah menunggang kuda, kegiatan paralayang, trampoline, bungee jumping, bersepeda, cross country running, festival layang-layang dan masih banyak lagi.

Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, tempat ini juga menawarkan spot favorit dan mempesona.

Dengan lanskap perkebunan teh yang hijau serta kondisi tanah yang berbukit-bukit, membuatnya menjadi tempat khusus tersendiri bagi pecinta seni fotografi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding atau momen penting lainnya.

Air terjun Takapala

Tak jauh dari sini, terdapat air terjun Takapala yang memiliki pemandangan tak kalah indah. Lokasinya cukup mudah di akses hanya dengan berjalan kaki sejauh 600 meter.

malino highland - air terjun takapala

Sumber: Anekawisatanusantara.blogspot.com

malino highland - air terjun takapala - gambar 1

Sumber: Hellomakassar.com

malino highland - air terjun takapala - gambar 2

Sumber: Mawarsyahrir.blogspot.co.id

Baca : 12 air terjun terindah di Indonesia wajib Anda sambangi

Air terjun terletak di sela-sela perbukitan, serta rimbunnya hutan dengan alirannya yang lumayan deras. Ketinggiannya sendiri mencapai 100 meter.

Pada kisaran ketinggian 20 meter, terdapat kabut yang selalu menyelimuti Takapala. Bahkan Anda dapat menikmati indahnya pelangi jika beruntung.

Anda juga dapat menyegarkan tubuh dengan mandi atau bermain air, karena tepat di bawah air terjun terdapat kolam kecil dan bebatuan vulkanik berukuran besar yang berfungsi untuk menampung air.

Di dasarnya terdapat sebuah gua yang juga merupakan spot favorit lainnya.

Hal-hal penting bagi wisatawan pemula

Jika baru pertama kali berkunjung, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui:

1. Rute jalan berkelok

Saat menuju kemari, ada cukup banyak jalan yang berkelok serta menanjak. Jadi harus ekstra hati-hati.

2. Ritual di Gunung Bawakaraeng

Selain dapat menikmati pemandangan yang luar biasa, Anda juga perlu tahu bahwa Malino Highland merupakan salah satu kawasan yang menghasilkan sayuran dan buah-buahan khas.

malino highland - gunung bawakaraeng

Sumber: Wisatagunung.com

malino highland - gunung bawakaraeng - gambar 1

malino highland - gunung bawakaraeng - gambar 2

Sumber: Ardiyanta.com

Keduanya tumbuh di lereng-lereng gunung Bawakaraeng. Gunung ini bagi sebagian masyarakat Sulawesi Selatan masih di sakralkan sebagai tempat yang keramat dan suci.

Selain itu, kelompok masyarakat tertentu ada yang mempercayai keberadaan sebuah Ka’bah di puncak gunung dan mereka akan mengunjungi area tersebut ketika hendak menunaikan ibadah haji.

Ritual ini biasa di sebut dengan istilah haji Bawakaraeng

Di samping adat masyarakat setempat, para pengunjung bisa melihat lembah biru, air terjun seribu tangga, bunker peninggalan Jepang serta melihat keindahan Gunung Bawakaraeng dari sudut pandang lainnya.

Sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang nanti, Anda bisa membeli dodol ketan, buah markisa, apel, Tenteng Malino dan wajik.