close

Lembah Mach Loop, Melihat Jet Tempur Jarak Dekat

lembah mach loop

Terletak di tengah-tengah daratan Wales, Inggris, tepatnya di antara kota Dolgellaudan dan Machynlleth, ada sebuah rangkaian lembah tertutupi oleh hamparan rumput yang indah.

Tak hanya sekadar itu, lembah ini juga sudah sangat terkenal di kalangan fotografer papan atas dan pecinta dirgantara dari seluruh dunia.

Gambar utama: samwhitfieldphotography.co.uk

Bagaimana tidak? lembah tersebut merupakan Low Flying Area 7, dengan julukan Mach Loop. Inilah tempat yang di sebut-sebut sebagai lokasi terbaik untuk menonton jet tempur dunia.

Julukan Mach Loop tersemat bukan semata-mata karena beragam jet tempur sering berlatih di sini, dengan daya tempuh melebihi kecepatan suara (1 Mach atau sekitar 1234,8 km per jam).

lembah mach loop - gambar 1

Sumber: Jez (Flickr)

Istilah itu justru di berikan karena letaknya yang dekat dengan kota Machynlleth.

Lembah ini pada dasarnya adalah bundaran lalu lintas udara berketinggian rendah yang mengular di antara puncak gunung di sekitarnya. Berbagai model legendaris seperti Tornado, Typhoon, Hawk, dan F-15E Strike Eagle kerap melintas melalui celah sempit di Mach Loop.

Para pilot Angkatan Udara Royal Air Force (RAF) Kerajaan Inggris dengan lihai menerbangkan pesawatnya, nyaris menyentuh tanah dengan kecepatan di atas 500 mil per jam (800 km per jam).

Kadang-kadang, ketinggiannya pun begitu rendah hingga mencapai 30 meter di atas permukaan tanah. Para penonton bisa melihat aksi-aksi ekstrim tersebut dari jarak yang sangat dekat. Saking dekatnya, mereka juga dapat melihat sang pilot saat berada di balik papan kemudi pesawat.

lembah mach loop - gambar 3
lembah mach loop - gambar 4

Sumber: Jez (Flickr)

Dari sudut pandang strategi militer, penerbangan ketinggian rendah memiliki beberapa keunggulan secara teknis. Keunggulan itu di antaranya adalah jauh dari jangkauan radar musuh sehingga mencegah pesawat terdeteksi, dan menghindari pertemuan dengan pesawat musuh, serta mencegah serangan dari darat.

Kemampuan terbang pada ketinggian ekstrim adalah salah satu kecakapan khusus, di miliki oleh pilot-pilot militer yang sudah berlatih secara progresif dan melakukan praktek terus-menerus.

Royal Air Force (Selanjutnya di sebut RAF) sendiri memiliki beberapa lokasi tersebar di seluruh penjuru Britania untuk melatih kemampuan terbang pada ketinggian tersebut.

lembah mach loop - gambar 2

Sumber: Jason Humphries-Brown (Flickr)

Karena latihan ini menyebabkan polusi suara yang tidak sedikit, maka RAF memutuskan untuk menyebar tempat latihan untuk “berbagi dampak potensial secara adil kepada seluruh populasi penduduk.”

Yang menarik dari Lembah Mach Loop, dan menyebabkan para fotografer rela memanjat tebing curam serta bukit berlumpur untuk sampai ke lokasi adalah, ada banyak sekali model jet tempur melintas.

Yang biasa (terbang) adalah US Air Force F-15Es dari pangkalan RAF Lakenheath dan RAF Typhoons. Selain itu ada juga (helicopter) C-130s (Hercules), Hawk Trainers, dan helicopter tempur lain.

Namun jika Anda beruntung, kadang-kadang jet tempur khas seperti OA-10 Thunderbolt II dan Typhoon milik Angkatan Udara Saudi (RSAF) juga pernah melintas.

Ujar Tyler Rogoway, wartawan kantor berita otomotif Jalopnik.

Royal Air Force Inggris juga menerbitkan jadwal ujicoba terbang pada situs web mereka, sehingga para penduduk setempat bisa mempersiapkan diri sedini mungkin, dan menjauhkan aktivitas dan ternak mereka dari Mach Loop.

lembah mach loop - gambar 5

Sumber: Jonny Williams (Flickr)

Berlainan dengan itu, jadwal ini juga bermanfaat bagi para fotografer dan pecinta dirgantara yang ingin menyaksikan langsung parade skill terbang dengan ketinggian rendah, dan di peragakan oleh para pilot AU Inggris dan negara-negara sekutu.

Sang saudara kembar

Di lain pihak, Amerika Serikat juga memiliki area serupa. Namanya adalah Rainbow Canyon, berada di Taman Nasional Death Valley, California. US Air Force menamai lokasi tersebut sebagai R2508 Complex.

Meski pemandangannya tidak secantik dan sehijau Lembah Mach Loop, namun Rainbow Canyon merupakan salah satu tempat terbaik dari segi frekuensi terbang dan kemudahan akses untuk melihat aksi para pilot.