close

Kastil Guedelon Perancis, Seutuhnya Ala Abad Pertengahan

kastil guedelon perancis

Jauh ke dalam daerah hutan di Perancis tengah, saat ini tengah berlangsung sebuah eksperimen arkeologi bersejarah.

Sekelompok tukang batu, tukang kayu, pandai besi, penggali, pembuat genteng dan para pekerja pertukangan lainnya sedang bersusah payah membangun sebuah proyek kastil abad pertengahan dari nol.

Proyek tersebut bernama Kastil Guedelon.

Gambar utama: Pontchevron.com

Serasa berada di abad pertengahan

Uniknya, mereka hanya memanfaatkan alat, material dan teknik arsitektur bergaya abad pertengahan. Bebatuan yang di dapat dari pertambangan sekitar lokasi proyek pun, di angkut dengan menggunakan gerobak kuda.

Bebatuan ini kemudian di angkat oleh pekerja ke atas tembok dengan menggunakan pengungkit kayu. Tali yang di gunakan terbuat dari rami, sedangkan semennya sendiri terbuat dari campuran batu kapur dan air (kalsium hidroksida) serta pasir.

kastil guedelon perancis - gambar 1
kastil guedelon perancis - gambar 2

Sumber: Guedelon.fr

Karena konsep perancangannya murni abad pertengahan, maka tidak boleh ada alat elektronik satu pun ada di sini. Hal itu berarti, pengangkutan material ke lokasi yang lebih tinggi akan memakan waktu dan tenaga lebih banyak karena tidak adanya alat derek.

Setiap pekerjaan material bangunan, mulai dari ubin tanah liat hingga paku, di buat semirip mungkin dengan kondisi abad ke 13. Sekedar informasi, abad tersebut adalah linimasa yang di anggap sesuai dengan representasi sang pemilik proyek bernama Michel Guyot.

kastil guedelon perancis - gambar 6
kastil guedelon perancis - gambar 7

Sumber: Guedelon.fr

Michel Guyot adalah seorang pemilik puri setempat yang melihat adanya peluang untuk mendirikan Chateau de Guedelon (Kastil Guedelon), setelah ia merenovasi puri yang ia miliki, 13 kilometer jauhnya dari lokasi pengerjaan proyek saat ini.

Ia kemudian bekerja sama dengan seorang pengusaha bernama Maryline Martin, lalu menyampaikan gagasannya kepada para arkeologis, arsitek dan sejarawan seni untuk merealisasikan mimpinya. Konstruksi awal pun di mulai pada 1997 silam.

Guyot kemudian menciptakan seorang karakter fiktif bernama Guilbert, seorang tuan tanah berpangkat rendah yang di beri izin oleh atasannya untuk membangun sebuah kastil.

kastil guedelon perancis - gambar 8

Sumber: Guedelon.fr

Kekayaannya yang tak terlalu melimpah dan status pangkatnya yang tergolong rendah dalam hierarki pejabat feudal, membuat proyek pengerjaan kastil tidak terlalu mewah pula.

Konsepnya hanya sebatas rumah kediaman bangsawan biasa, dan jauh dari model istana kerajaan. Kastil tersebut terdiri dari empat menara yang di hubungkan oleh dinding tirai tinggi dengan di temani halaman ruangan tertutup dan tempat tinggal. Tahun pembangunannya sendiri di anggap di mulai pada 1228.

Bangunan istana hampir rampung

Persentase pengerjaan sudah lebih dari setengahnya. Di antara beberapa elemen yang sudah selesai adalah atap kayu balai besar, ruang depan dan lukisan mural, dapur dan gudang, serta kubah ruang penjaga dan sekat penembak senjata.

kastil guedelon perancis - gambar 3
kastil guedelon perancis - gambar 4
kastil guedelon perancis - gambar 5

Sumber: Guedelon.fr

Pengalaman nyata semacam ini telah memungkinkan para akademisi untuk menemukan kembali teknik arsitektur pada abad pertengahan.

Mereka juga akan mencari model uji coba, hipotesis, serta teori yang berkaitan dengan pembangunan tersebut. Kebanyakan pertanyaan yang belum terjawab mengenai pembangunan kastil abad ke 13 itu telah terpecahkan melalui eksperimen.

Meski kebanyakan orang berpendapat bahwa istana abad pertengahan tampak kurang manis dan menarik, namun pemilik proyek tentu akan mempercantik tampilannya dengan dinding batukapur, mebel, serta lukisan dan elemen dekoratif lainnya.

“Jika kami telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan utamanya, maka kami dapat mulai mempercantik isinya.

Namun saya juga berharap bahwa bagian luar kastil juga di percantik, karena sejarah mencatat, tampilan luar kastil juga kerap terlapisi oleh batuan kapur.

Hal ini penting untuk memberikan ciri khas di tengah-tengah lingkungan sekelilingnya,” ujar petugas humas proyek, Sarah Preston kepada BBC.

Proyek tersebut mempekerjakan 70 orang secara permanen. Namun, setiap tahunnya, ada lebih dari 600 orang yang berpartisipasi dalam pembuatannya demi mempelajari teknik pembangunan yang di terapkan.

Pengerjaannya sendiri di perkirakan akan selesai pada 2020 mendatang, namun hingga kini, 300.000 orang tercatat mengunjungi Kastil Guedelon setiap tahunnya.