close

Kampung Daun Bandung, Restoran Suasana Pedesaan Romantis

kampung daun bandung

Di antara beragam destinasi wisata di Bandung, kuliner adalah salah satu pilihan yang cukup populer.

Dalam hal ini, Kampung Daun Bandung menjadi alternatif menarik untuk Anda coba. Jadi apa sih istimewanya? Mari kita cari tahu lebih banyak.

Gambar utama: Kuliner.panduanwisata.id

Konsep menarik, alami dan Romantis

Konsisten dengan namanya, restoran ini menawarkan konsep alami dan asri yang tidak bisa di tolak pesona dan kesegarannya. Pengunjung akan memasuki kompleks restoran yang sangat luas dengan penataan profesional.

Anda akan mendapati bagian restoran yang kental akan nuansa dan elemen-elemen sunda seperti saung, tempat makan lesehan, serta lampu-lampu kuning redup sebagai penerangan.

Pengunjung seolah-olah sedang berjalan-jalan di tengah desa yang bukan hanya sejuk, tetapi hening dan tenang dengan sentuhan pelayanan kelas premium untuk di nikmati.

kampung daun bandung - gambar 2

Sumber: Panoramio.com

Kampung daun awalnya memang merombak sebuah desa mini menjadi sebuah komplek kuliner lengkap dengan fasilitas makan pedesaan, berbagai alam seperti sungai, kebun kecil, dan jalanan setapak yang tidak lebar berkelok-kelok.

Semua pengunjung sangat menyukai konsep berikut penataannya, dan betah berlama-lama di restoran tersebut.

Pada siang hari, kita akan di pikat oleh suasana alamnya yang sejuk, damai dan sangat hijau.

kampung daun bandung - gambar 3

Sumber: Yukpiknik.com

Sementara itu, kalau datang Anda petang atau malam hari, pelanggan akan di ajak menikmati keindahan alam pedesaan, lengkap dengan penerangan yang redup-redup.

kampung daun bandung - gambar 6

Sumber: Kuliner-kuliner-bandung.com

kampung daun bandung - gambar 4

Sumber: Tempatwisataunik.com

Restoran ini memang menjadi tempat favorit untuk di sambangi kaum muda khususnya penjelajah kuliner. Mereka biasanya datang pada malam hari karena lebih menyukai suasana romantisnya.

Tetapi bukan berarti hanya di peruntukkan mereka saja, semua kalangan termasuk keluarga maupun rombongan wisata juga dapat menikmatinya.

Lebih dari sekadar konsep, restoran ini menawarkan lebih banyak lagi.

Yang di tawarkan, di sukai pengunjung

Ketika memasuki gerbang restoran Kampung Daun Bandung, Anda akan langsung di suguhi dengan banyak pilihan jajanan tradisional khas Sunda. Macam-macam kue tradisional, gulali dan dodol bisa di temukan di sini, memberi sentuhan nostalgia dan kesederhanaan dalam citarasa kuliner kelas atas.

Selain jajanan, permainan tradisional seperti congklak dan berbagai souvenir kedaerahan khas, juga bisa di beli sebagai suvenir atau oleh-oleh. Memang, gaya khas tersebut telah menjadi komoditas utama restoran dan merupakan strategi yang tepat dalam menggaet para wisatawan.

Hal lain yang di sukai pengunjung adalah tata letak dan pengaturan restoran yang mengharuskan mereka untuk berjalan-jalan menikmati udara dingin dan lingkungan yang sangat hijau.

kampung daun bandung - gambar 7

Sumber: Panorama.com

Walaupun ramai, Anda tidak perlu takut untuk tidak bisa makan dengan tenang di sini. Sebaliknya, seluruh fasilitas seperti saung memang di rancang untuk memberi privasi lebih kepada setiap pengunjungnya.

Di tambah lagi, konsep membumi ini juga di bawakan dalam kemasan masakannya. Nasi bakar dalam bambu dan minuman yang tersaji dengan batok, memang menjadi ciri khas tersendiri.

kampung daun bandung - gambar 5

Sumber: Indotravelers.com

Lalu ada menu apa saja? Ada banyak jenis dan menu makanan yang di tawarkan. Menu khas Indonesianya menawarkan beragam pilihan seperti Sop Iga Sapi, Nasi Belut Bakar, dan Tutug Oncom hingga Timbel Komplit, Bebek Bakar Bumbu Bali, Nasi Kukus Khas Kampung Daun Bandung.

Berikutnya menu internasional, mulai dari beberapa macam Steaks hingga Blackpepper Beef pun ada. Untuk jajanan tradisional, kita bisa mencicipi surabi oncom, colenak, pisang dan tahu goreng, surabi kinca, hingga batagor.

Untuk minuman, pengunjung bisa memilih minuman tradisional seperti Wedang Bandrek dan Es Goyobod serta Wedang Bajigur.

Terakhir minuman internasional, ada berbagai kopi dan latte, jus buah serta minuman dingin. Restoran ini memang punya hampir semua menu untuk wisatawan lokal maupun asing.

Rute Menuju Kampung Daun Bandung

Alamatnya berada di Jl. Sersan Bajuri Km. 4,7 No.88, RRI Bandung, Kota Bandung. Letaknya hanya sekitar 1,5 km dari tempat wisata Kampung Gajah ke arah Parongpong. Untuk sampai kemari, perjalanannya memakan waktu cukup panjang.

kampung daun bandung - gambar 8

Sumber: Nahmj.com

Berikut ini rute yang bisa Anda ikuti:

  • Keluar dari gerbang Tol Pasteur, sebaiknya langsung mengambil jalur ke kiri menuju Jalan Surya Sumantri
  • Lurus terus saja sampai bertemu dengan Universitas Maranatha. Setelah universitas tersebut, belok ke kiri ke arah Jl. Lemah Nendeut
  • Ikuti jalan sampai menemukan belokan ke kanan menuju Jalan Prof. Dr. Sutami. Belok ke kanan
  • Kemudian ambil arah ke kiri menuju Jalan Setrari
  • Setelah itu, belok ke kiri ke lagi (sampai di Jalan Prof. Dr. Sutami)
  • Terus ikuti jalurnya sampai bertemu Jalan Setiabudhi yang menuju ke arah Ledeng
  • Lanjutkan dengan mengikuti jalan hingga bertemu UPI
  • Setibanya di depan Terminal Ledeng, belok ke kiri menuju Jalan Sersan Bajuri
  • Tetap pada jalur sampai melewati Kampung Gajah. Tidak lama dari itu, Anda akan segera menemukan lokasi restoran

Untuk wisatawan luar kota, rute ini memang cukup panjang dan bisa jadi membingungkan. Sebaiknya berhenti terlebih dahulu dan meminta petunjuk arah dari penduduk setempat.

Tips saat berkunjung

Agar bisa menikmati semua layanan yang di tawarkan dengan puas, ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Karena perjalanan cukup jauh dan waktu memasaknya tidak sebentar, Anda sebaiknya berangkat satu hingga satu setengah jam lebih awal dari jam makan. Pada akhir pekan, pengunjung mungkin perlu berangkat lebih pagi lagi agar tidak terkena macet.
  • Kenakan pakaian yang cukup hangat dan nyaman. Suhu udara di restoran memang cukup dingin dan mengundang rasa lapar. Mengenakan baju hangat akan membuat kita merasa lebih betah berada di sana. Selain itu, kenakan sandal atau sepatu nyaman untuk berjalan-jalan, karena infrastruktur restoran akan mengajak Anda lebih banyak berjalan-jalan.
  • Untuk pengunjung dari luar Jawa Barat, menu khas Sunda wajib untuk di coba. Bukan hanya harganya rasional, tetapi rasanya sederhana dan asli, benar-benar menyajikan citarasa kuliner lokal yang enak. Selain itu pesanlah minuman tradisional hangat agar lebih betah saat nongkrong-nongkrong.
  • Kalau ingin mendapat suasana romantis, cobalah untuk datang pada petang hari. Jalanan menuju saung, air terjun, taman dan tempat makan semua di terangi obor dan lampu kuning redup yang membuat suasana restoran jauh lebih dramatis.
  • Agar mendapat tempat di akhir minggu dan hari libur, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena restoran akan di padati oleh pengunjung. Kita bisa menunggu di saung yang telah tersedia untuk menunggu, tetapi ini bisa memakan waktu cukup lama dan membuat kesal.

Jelas sekali, restoran ini memang sempurna untuk di sambangi. Masakannya terkenal enak dan beragam, pelayanan yang ramah dan cepat, dan suasananya sangat mendukung untuk makan dengan tenang.

Masukkan Kampung Daun Bandung ke dalam daftar restoran untuk di coba berikutnya.