close

Jendela Alam Lembang, Cara Asyik Mengenal Lingkungan

jendela alam lembang

Jendela Alam Cihideung di Lembang, Bandung sebenarnya sudah ada untuk beberapa lama dan selalu di kembangkan dengan baik.

Mengusung konsep untuk lebih mengenal dan berinteraksi langsung dengan alam, kegiatan dan fasilitas hampir semuanya berhubungan dengan aktivitas lingkungan. Tempat ini bukan sekedar area rekreasi semata, Namun juga bertindak sebagai wahana edukasi dan outbond yang menyenangkan.

Gambar utama: Globeamarath.wordpress.com

Lokasi wisata

Seperti sudah di sebutkan sebelumnya, Jendela Alam terletak di daerah Lembang yang sejuk dan romantis. Terletak di Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5 Cihideung, lokasinya praktis bertetangga dengan beberapa tempat wisata dan beberapa restoran ternama.

Dengan berkunjung kemari, berarti Anda juga memiliki kesempatan untuk menyambangi beragam tempat menarik lainnya.

jendela alam lembang - gambar 1

Sumber: Blog.reservasi.com

Lebih dari itu, di sini pengunjung akan menemukan tempat seluas 1,2 hektar, lengkap dengan perkebunan sayur dan buah, serta peternakan kecil. Di tambah lagi, pengunjung akan mendapat fasilitas untuk berbagai kegiatan outdoor yang bukan hanya mendidik tetapi juga menyenangkan. Semua layanan bisa di nikmati oleh Anda.

jendela alam lembang - gambar 6

Sumber: fikihfikih.wordpress.com

Pendiri Jendela Alam ternyata bukan pengusaha seperti yang sering orang kira, melainkan oleh seorang wanita berprofesi sebagai dokter anak.

Karena kecintaan kepada anak-anak dan ketertarikan terhadap buah serta tanaman lainnya, dr. Kelly ingin menyediakan fasilitas di mana si buah hati, bahkan orang dewasa dapat belajar banyak mengenai kondisi alam sekitar dengan cara bersentuhan langsung.

Di awali dengan niat tersebut, ia akhirnya mendirikan tempat ini di atas tanah luas, di desain dengan hati-hati dan di buat senyaman mungkin.

Tidak seperti wisata edukatif umumnya yang tampak jadul dan tidak terurus, kawasannya termasuk bersih, tampak masa kini, dan fasilitasnya selalu di perbaharui.

Untuk memasuki area wisata, pengunjung harus membayar tiket masuk 10.000 rupiah (hari Senin hingga Jumat) atau 20.000 rupiah (hari Sabtu, Minggu dan hari libur).

Harga tiket masuk tersebut adalah harga untuk per orang, juga belum termasuk menikmati semua wahana yang di sediakan. Anda perlu membayar lagi jika ingin mencoba.

Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 atau hingga pukul 16.30 di hari Sabtu, Minggu dan hari libur.

Karena lokasinya mudah di temukan, kita tidak perlu takut kesasar.

Rute menuju Jendela Alam Lembang

Berikut rute perjalanan yang bisa di ikuti oleh pengunjung:

  • Ambil jalur Setiabudi menuju Ledeng.
  • Kemudian, susuri Jalan Sersan Bajuri menuju Kampung Gajah.

Sebagai alternatif:

  • Dari kota Lembang, silakan ambil arah ke Jalan Kol. Masturi.
  • Sesampainya di Kampung Legok, teruskan perjalanan dengan belok ke kiri menuju lokasi perumahan Graha Puspa Lembang.

Kegiatan dan fasilitas tersedia

Kalau di kelompokkan berdasarkan “jendela”-nya, tempat ini memiliki lima jendela yang bisa di nikmati.

Jendela Tumbuhan

Jendela ini meliputi akses bagi pengunjung ke tanaman obat keluarga, kebun stroberi, rumah labu raksasa, kebun konvensional, labu raksasa, kebun hidroponi dan kebun tomat ceri.

jendela alam lembang - gambar 3

Sumber: Pegipegi.com

jendela alam lembang - gambar 7

jendela alam lembang - gambar 8

Sumber: Tissue-putih.blogspot.co.id

Jendela Hewan

Jendela ini menawarkan akses ke peternakan, kuda poni dan aneka reptil, bermain dengan burung, memerah susu sapi, memanen telur ayam dan memberi makan kambing serta kelinci.

Jendela Bermain

Di sini, Anda dapat memainkan berbagai permainan tradisional Indonesia maupun dunia, bermain di taman bermain atau playground, dan bermain di bak pasir dan trampolin.

jendela alam lembang - gambar 2

Sumber: Tissue-putih.blogspot.co.id

Jendela Petualangan

Di jendela petualangan, kita bisa mencoba panjat dinding, bersepeda melewati halang rintang, jembatan goyang, berkuda, dan flying fox.

Jendela Air

Jendela ini menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk bermain di Marine Scaping, belajar tentang proses penjernihan air, bermain dengan waterball, serta mini waterboom.

jendela alam lembang - gambar 5

Sumber: Globeamarath.wordpress.com

Selain berbagai kegiatan yang di sediakan melalui lima jendela tersebut, pengunjung juga bisa mencoba beberapa wahana lainnya.

Berikut beberapa wahana dan kegiatan lain yang bisa di nikmati, lengkap dengan harga tiketnya:

  • Segway (25.000 rupiah)
  • Flying fox besar (35.000 rupiah), kecil 25.000 rupiah)
  • Menghias akuarium (35.000 rupiah)
  • Membuat kerajinan tanah liat (20.000 rupiah)
  • Menghias tanah liat (25.000 rupiah)
  • Berenang (20.000 rupiah)
  • Bersepeda (15.000 rupiah)
  • Naik becak mini (20.000 rupiah)
  • Tangkap ikan (20.000 rupiah)
  • Berkuda (20.000 rupiah)
  • Memberi makan binatang (20.000 rupiah)

Selain berbagai wahana untuk mengenal alam, Jendela Alam juga di lengkapi dengan berbagai fasum seperti musholla dan tempat penjernihan air, kedai alam dan aula yang dapat di gunakan untuk berbagai acara, berikut tempat kegiatan workshop.

Kegiatan workshop yang di tawarkan meliputi workshop tentang bio gas, kompasting, budidaya tanaman anggrek, praktikum biologi.

Berbagai fasilitas tersebut telah menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk di kunjungi pelajar SMP dan SMA, pelajar SD, keluarga dan rombongan dari instansi tertentu.

Setelah lelah berkegiatan dan mencoba berbagai wahana, pengunjung bisa beristirahat di kedai alam yang menawarkan berbagai menu khas sunda nan lezat.

jendela alam lembang - gambar 4

Sumber: Brinkkabackpacker-3.blogspot.co.id

Tips untuk pengunjung

Ada baiknya bagi Anda untuk mengikuti beberapa tips di bawah, agar pengalaman yang di dapat jauh lebih menyenangkan dan bermanfaat:

  • Datang pada pagi hari, sebelum menjelang makan siang agar bisa bereksplorasi lebih bebas.
  • Jika membawa rombongan, biasakan untuk reservasi lebih dahulu agar kegiatan lebih terarah dan efektif.
  • Kenakan pakaian hangat tetapi nyaman untuk bergerak bebas.
  • Sebaiknya membawa pakaian ganti karena kegiatan outdoor biasanya rentan kotor dan basah.
  • Bawa bekal air minum selama berkegiatan, dan datang dalam keadaan sudah sarapan.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Selalu patuhi petunjuk pemandu, serta jangan melanggar aturan demi kenyamanan dan keselamatan bersama.
  • Pilihlah wahana sesuai umur dan jangan melepas anak-anak tanpa pengawasan.

Tempat wisata ini memang di rancang untuk menyalurkan waktu senggang keluarga dan anak-anak, khususnya untuk kegiatan edukatif dan bermanfaat. Selain belajar banyak dan teknologi yang berhubungan, para pengunjung juga turut di ajak berinteraksi langsung dengan alam.

Benar-benar lengkap. Jadi, tunggu apa lagi? Kalau berencana berlibur ke Lembang, jangan lupa mampir di Jendela Alam Cihideung. Lalu nikmati keseruan belajar dan bersentuhan langsung melalui berbagai wahana dan kegiatan yang ada.