close

Jembatan Siti Nurbaya Nan Melegenda Di Kota Padang

jembatan siti nurbaya

Salah satu kota unik di Indonesia, wajib untuk Anda kunjungi adalah Padang di Sumatera Barat. Kota ini memiliki objek wisata menarik bernama Jembatan Siti Nurbaya dan tentunya istilah tersebut datang dari kisah lama yang melegenda serta karena itu pulalah mengapa di namai demikian.

Gambar utama: Bersapedahan.wordpress.com

Untuk lebih mengenalnya secara luas, silakan langsung saja simak ulasan berikut:

jembatan siti nurbaya - gambar 3

Sumber: Myindonesiandtheworld.blogspot.co.id

Lokasi wisata

Letaknya tepat berada di atas sungai atau muara bernama Batang Arau. Memiliki panjang sekitar 100 meter, dengan kaki jembatan berawal dari jalan Nipah menuju ke jalan Batang Arau (kurang lebih 600 meter).

batang arau

Sumber: Panoramio.com

Dengan adanya jembatan tersebut, maka ada dua wilayah yang terhubung secara langsung yakni Kota Tua Padang dan Taman Siti Nurbaya (Gunung Padang). Taman ini adalah tempat di mana ia di makamkan.

Legenda Siti Nurbaya

Gunung Padang sendiri adalah bukit di tepi pantai yang turut di sebutkan dalam novel Siti Nurbaya.

Bukit tersebut menjadi tempat bertemu untuk pertama kalinya dengan sang kekasih hati yaitu Samsul Bahri (tempat yang sama saat mereka di makamkan).

Terlepas dari kebenaran ceritanya, jika Anda mengunjungi tempat ini, memang benar kenyataannya bahwa di taman tersebut ada sebuah makam (di klaim sebagai makam Siti Nurbaya).

Ceritanya berawal dari kegiatan usaha dagang yang di lakukan oleh Baginda Sulaiman, sampai suatu ketika terjadi kemajuan yang sangat pesat.

Tentunya hal ini tidak di inginkan oleh seorang rentenir bernama Datuk Maringgih. Atas keserakahannya itu, akhirnya beliau menugaskan para anak buahnya untuk membakar habis tempat berdagang milik Baginda Sulaiman.

Akibatnya, kehancuran melanda Baginda Sulaiman dan ia pun jatuh miskin hingga tak sanggup untuk membayar seluruh hutang kepada Datuk Maringgih.

Datuk Maringgih kemudian mendesak agar mau menyerahkan putrinya (Siti Nurbaya) sebagai ganti dalam melunasi hutang.

Menghadapi situasi sulit dan tidak memiliki pilihan lain, beliau terpaksa mengikhlaskan putrinya.

Kegiatan di jembatan Siti Nurbaya

Hal pertama yang dapat para pengunjung nikmati adalah menyaksikan keindahan menakjubkan saat matahari akan tenggelam.

Pesona kota Padang yang memiliki banyak bangunan tua peninggalan Belanda juga dapat kita temukan di sini. Beragam variasi bentuk bangunan dapat terlihat di sekitaran jembatan, mulai dari daerah podok, niaga dan kelenteng sampai lebih dekat ke Batang Arau.

jembatan siti nurbaya - gambar 4

Sumber: Erinaldi.wordpress.com

batang arau - gambar 2

Sumber: Pecintawisata.wordpress.com

Tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung Tionghoa, Batak, Nias dan Mentawai yang juga bermukim di daerah tersebut.

Di bagian bawah Gunung Padang, terdapat kawasan makam cina atau bong.

Lebih daripada itu, Di sebelah kanan kaki Jembatan, Anda akan melihat gedung megah milik Bank Indonesia yang telah di pugar.

Di sepanjang jalan menuju pusat kota, Anda akan di suguhkan dengan banyaknya oleh-oleh khas Padang yang dapat di bawa pulang sebagai buah tangan.

Ada keripik balado, rendang khas padang dan lain sebagainya. Selain itu, ada salah satu produk keripik dengan merek yang sangat populer yakni keripik balado Chistine Hakim.

Jika Anda penasaran akan kelezatannya, segera kunjungi tempat wisata satu ini.