close

Jalur Siq, Rute Legendaris Menuju Kota Petra Kuno

jalur siq

Kota Petra Kuno yang terletak di jantung pegunungan padang pasir Yordania selatan, dahulu memiliki beberapa rute perjalanan yang berbeda untuk mencapainya.

Salah satu rute yang banyak di lalui adalah dari selatan, dengan melewati dataran Petra dan mengelilingi Jabal Haroun atau Gunung Harun (Aaron’s Mountain). Rute lainnya dapat di tempuh melalui dataran tinggi di sebelah utara.

Namun pada era modern, rute yang umum di gunakan para wisatawan adalah dari timur, melewati sebuah ngarai sempit bernama Siq atau Bab-as-Siq. Rute ini berakhir secara dramatis tepat di depan reruntuhan berliku yang di namakan “Harta Karun” atau Al Khazneh dalam Bahasa Arab.

jalur siq - gambar 1

Sumber: Michele Anzidei (Flickr)

jalur siq - gambar 2

Sumber: Allan Grey (Flickr)

Pada dasarnya Siq bukanlah sebuah ngarai karena keberadaannya tidak terbentuk karena adanya erosi air, melainkan oleh tenaga tektonik yang menyebabkan gunung batu pasir terbelah menjadi dua.

Belahan tersebut kemudian membentuk sebuah jalur sempit yang menukik ke dalam. Jalur ini secara perlahan menghaluskan tepian tajam dari ngarai Siq dan membuatnya terlihat melengkung.

Pintu masuk menuju jalur ini awalnya memuat monumen kubah, namun runtuh di tahun 1896 akibat gempa bumi. Hanya tersisa dua pembatas dan beberapa batuan pahat dari reruntuhan kubah tersebut.

jalur siq - gambar 3

Sumber: Allan Grey (Flickr)

jalur siq - gambar 4

Sumber: Allan Grey (Flickr)

Di belokan pertama, Anda akan menemui tiga bongkahan dengan tinggi 6 hingga 8 meter. Bongkahan ini di perkirakan berfungsi sebagai kuil untuk menyembah dewa yang menjaga aliran air ke Petra.

Kaum Arab Badui (Badawi) sering menjulukinya sebagai Bongkahan Jin, karena mereka meyakini di dalamnya terdapat roh-roh padang pasir.

Jalan menuju Siq relatif berliku. Jaraknya membentang sejauh 1,2 kilometer di antara tebing batu pasir elok yang menjulang setinggi 150 meter di kedua sisinya.

Lebar jalur Siq sejatinya tidak lebih dari tiga meter secara rata-rata, namun terkadang, lebarnya cukup panjang untuk memungkinkan masuknya sinar matahari hangat dan tumbuhnya pepohonan.

jalur siq - gambar 5

Sumber: Geographylists.com

jalur siq - gambar 6

Sumber: Allan Grey (Flickr)

Pada titik-titik tertentu, lebarnya menjadi sangat sempit sampai-sampai pengunjung dapat menyentuh kedua sisi dinding dengan membentangkan tangannya.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan menemui beberapa artefak arkeologis seperti halnya saluran air yang mengalir di sepanjang sisi ngarai.

Saluran tersebut mengangkut air hingga ke tengah-tengah Kota Petra Kuno. Ada pula ceruk kecil yang di ukir jauh di atas permukaan tanah, dan hanya akan terlihat dengan jelas jika di akses menggunakan tangga.

Di sana juga terdapat beberapa sisa-sisa reruntuhan yang dulunya merupakan patung-patung besar. Di sepanjang jalur Siq juga ada beberapa ruang bawah tanah yang fungsinya masih belum dapat di jelaskan oleh arkeolog hingga saat ini.

Para ahli menduga ruangan tersebut di gunakan sebagai area tempat tinggal pengawal yang menjaga pintu masuk utama menuju Petra.

Ketika sudah mendekati akhir jalur Siq, pengunjung akan di sambut oleh seonggok perak tipis yang di sebut-sebut berasal dari harta karun yang kami ceritakan sebelumnya.

Lokasi harta karun

Di titik lain pada jalur ini pula, di bangun sebuah makam besar serta kuburan bawah tanah. Banyak legenda menyebutkan bahwa di dalamnya terdapat logam mulia dengan nilai yang tidak terbayangkan.

jalur siq - gambar 7

Sumber: Colin Tsoi (Flickr)

jalur siq - gambar 8

Sumber: David Bjorgen (Wikimedia)/ txefo (Flickr)

Logam-logam mulia ini rumornya tersembunyi di balik tembok batu guci yang terletak di lantai kedua, dan sulit untuk di kunjungi. Kaum Arab Badui setempat yang tergiur dengan cerita ini pernah menembaki guci yang di maksud dengan harapan harta yang tersimpan di dalamnya akan berhamburan keluar.

Nyatanya, tembok tersebut masih kokoh berdiri hingga sekarang karena sifat material batu pasirnya yang padat. Hal inilah yang menyebabkan permukaannya kini di penuhi oleh lubang peluru.

Sumber: Amusingplanet.com