close

4 Ide Liburan Anak Seru Nan Edukatif di Jakarta

ide liburan anak

Liburan anak memang sebaiknya di manfaatkan bersama orang tua, dengan mengikuti kegiatan yang mendukung daya tangkap dan tumbuh kembangnya.

Berikut ini ada beberapa pilihan aktivitas seru dan edukatif untuk anak-anak lengkap beserta alamatnya.

1. Belajar menjadi koki kecil

Di sebabkan oleh maraknya tren kuliner dan program kontes bakat memasak untuk anak-anak di televisi, menjadi koki kecil tentu menjadi kegiatan yang sangat menarik. Ada satu tempat unik untuk itu, yakni Young Chefs Academy.

young chefs academy

Sumber: jktgo.com

Akademi tersebut mengajak para koki kecil untuk mengenal dunia memasak lebih jauh dengan tema baru setiap minggunya.

Tema memasak yang sering di tawarkan antara lain Discovery French, Chocolate Fanatic, Travel Through Italy, Cool & Frozen Treats, dan masih banyak lagi.

young chefs academy - gambar 1

Sumber: WordPress.com (msdailylife)

young chefs academy - gambar 2

Sumber: Bisnisfun.com

Akademi ini Memiliki tiga program berdasarkan kelas usia:

  • Kelas Kindercooks (usia 3 hingga 6 tahun). Memasak 2 masakan dalam durasi 90 menit.
  • Kelas Junior Chefs (umur 7 sampai 12 tahun). Memasak 3 hingga 4 masakan dalam durasi 2,5 jam.
  • Kelas Senior Chefs (13 tahun ke atas). Memasak 3 sampai 4 masakan dalam durasi 2,5 jam.

Biaya bervariasi mulai dari 450.000 rupiah setiap kedatangan atau 1.180.000 rupiah per 3 hari, hingga 1.895.000 rupiah per minggu.

Young Chefs Academy berada di Jalan Kemang Raya 15, Jakarta Selatan. Anda dapat menghubunginya melalui telepon (021) 71794589 atau kirim email ke adminjkt@youngchefsacademy.com.

2. Kerajinan tangan dan melukis

Kegiatan tersebut juga baik untuk mengisi liburan anak karena dapat mengembangkan kemampuan motorik dan logika anak, serta merangsang kecerdasan mereka juga. Dalam hal ini, Ganara Art Studio bisa menjadi pilihan tepat.

ganara art studio

Sumber: Ganaraartstudio.com

Studio tersebut memiliki beberapa macam kegiatan, seperti membuat kerajinan tangan dengan mengambil inspirasi dari buku dongeng populer, melukis, bahkan belajar memasak.

Tidak hanya mendidik, tetapi juga seru. Buktinya, sudah banyak peserta yang mengikuti kegiatan ini dan mereka ingin ikut lagi di tahun depan. Studio tersebut memang cukup terkenal mampu mengemas aktivitas sederhana menjadi seru sekaligus aman.

ganara art studio - gambar 1
ganara art studio - gambar 2

Sumber: Ganaraartstudio.com

Pada dasarnya, ada dua program yang dapat di coba. Anak-anak berusia 3,5 hingga 8 tahun, bisa memilih program Story Book Art Playdate. Di sini mereka akan di ajak untuk mengamati satu buku dongeng dan membuat karya kerajinan tangan dari buku tersebut.

Untuk usia 6 sampai 10 tahun, program Summer Art Course akan lebih cocok karena tingkat kesulitannya sudah di sesuaikan dengan umur.

Per kegiatan, setiap anak perlu membayar biaya sekitar 800.000 rupiah per minggu.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kirim email ke ganaraartstudio@gmail.com.

3. Olahraga seru

Mengenalkan seru dan sehatnya berolahraga kepada anak, juga merupakan ide bagus.

Kegiatan semacam itu, cocok untuk anak yang cenderung aktif dan banyak bergerak karena energi akan tersalurkan dengan positif.

rockstar gym - gambar 1

Sumber: Blogspot.co.id (catetannemak)

Rockstar Gym memiliki beberapa program menarik selama masa liburan. Beberapa program tersebut antara lain:

  • Summer Camp FUNtastics untuk umur 6 bulan sampai 16 tahun. Meliputi bela diri, yoga, balet, tari, sampai kelas-kelas gimnastik.
  • Summer Sports Clinic (4 hingga 16 tahun). Mengajak anak-anak untuk bermain basket dan futsal.

Program-program ini di tawarkan dengan biaya mulai dari 384.000 rupiah per minggu.

Baca juga : Tips liburan ke pantai yang perlu Anda ketahui

Selain seru dan menyenangkan, si buah hati akan belajar berolahraga dengan cara yang baik dan tepat, serta mengenal lebih jauh peranannya terhadap kesehatan tubuh.

Informasi lengkap mengenai program dan kapan jadwal selanjutnya bisa di tanyakan dengan menghubungi mereka melalui telepon 2986-4646 (Bintaro Xchange), 2961-2708 (Kota Kasablanka), 2936-5155 (MOI), 2900-8085 (Gandaria City), dan 2992-3588 (Plaza Indonesia).

4. Bergabung dengan Summer Club

Club Kembang merupakan summer club yang terkenal di kalangan anak-anak Jakarta.

Kegiatannya sangat beragam, contohnya seperti Craft Camp pada akhir pekan dengan berbagai kegiatan kerajinan tangan, Ecokids Club akan mengajak anak melakukan proyek DIY untuk lingkungan, Nihongo Club yang mengajarkan anak belajar bahasa Jepang dengan cara menyenangkan.

liburan anak - club kembang

Sumber: WordPress.com (Kampung Keluarga)

Sampai Cinekids Club (menonton, mendiskusikan dan bahkan membuat film).

Setiap jenis aktivitas memiliki durasi berbeda, seperti 2, 3 atau 5 hari, dan di kenai biaya yang berbeda pula. Anak berbeda usia pun mendapat rekomendasi kegiatan yang berbeda pula (menyesuaikan kemampuan dan ketertarikan mereka).

liburan anak - club kembang 1

Sumber: Weyap.com

Biayanya mulai dari 350.000 rupiah per anak.

Untuk informasi pilihan program, Anda bisa mengirim email ke summerclubkembang@gmail.com atau langsung menyambangi mereka di Jalan Kemang II No.1, Kemang, Jakarta Selatan.

Seperti bisa kita lihat dari rekomendasi-rekomendasi di atas, sebenarnya ada banyak sekali kegiatan positif nan edukatif untuk mengisi liburan anak.

Beragam aktivitas tersebut akan menjadi alternatif untuk anak sekaligus mengembangkan bakat dan ketertarikan mereka terhadap suatu bidang tertentu.