close

Hutan Pinus Imogiri, Spot Foto Pre-Wedding Populer Di Jogja

hutan pinus imogiri

Pusing dengan semua rutinitas sehari-hari, berlibur memang menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat. Tak perlu mengunjungi tempat yang jauh, di Indonesia ada banyak sekali tempat wisata yang bisa di kunjungi. Salah satunya adalah Hutan Pinus Imogiri Jogjakarta.

Jogjakarta merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Dari wisata alam, budaya, belanja dan masih banyak lainnya. Jika Anda suka dengan kondisi yang sejuk dan asri, hutan ini bisa menjadi pilihan yang tepat serta memang sangat populer di kalangan para wisatawan lokal Jogjakarta maupun luar kota.

Gambar utama: Bacaberita.com

Hutan pinus merupakan hutan yang di kelola oleh Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Lokasinya memang tidak jauh dari daerah Imogiri. Oleh karena itu banyak orang yang mengenalnya sebagai hutan pinus Imogiri.

hutan pinus imogiri - gambar 1

Sumber: Info-jogja.com

Di dalam objek wisatanya terdapat deretan pohon pinus yang tertata rapi. Membuat suasananya semakin asri dan nyaman. Apalagi jika Anda datang pada pagi hari, suasana (terutama udaranya) masih sangat bersih.

Sudah banyak perbaikan yang di lakukan, dan kini telah menjadi lokasi rekreasi yang nyaman. Bahkan sering di jadikan tempat untuk sesi foto pre-wedding.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini. Selain melihat hutan pinus dengan embun pagi yang sejuk, setiap pengunjung juga bisa ikut serta dalam outbond yang menantang adrenalin.

Hanya sekedar bersantai di bangku-bangku bawah pohon pun tidak ada salahnya.

Lokasi dan akses menuju Hutan Pinus Imogiri

Hutan pinus Imogiri berada di Desa Dlingo, Mangunan Bantul. Letaknya dekat dengan kawasan wisata kebun buah Mangunan dan wisata puncak Becici.

Oleh karena itu banyak wisatawan yang sekalian mendatangi beberapa spot populer lainnya di Jogja tersebut. Untuk menuju ke tempat ini sebenarnya sangat mudah. Tetapi sayangnya sampai saat ini belum ada transportasi umum yang menuju langsung. Jadi tetap harus menggunakan kendaraan pribadi.

Berikut cara menuju lokasinya:

  • Untuk aksesnya sendiri, Anda mulai dari terminal Giwangan Yogyakarta.
  • Ambil arah ke pantai parangtritis, lurus saja terus sampai ke kecamatan Dlingo. Nanti lihat petunjuk jalan menuju ke kebun buah mangunan.
  • Jika Anda sudah menemukan papan kebun buah Mangunan, tetaplah berjalan lurus ikuti jalan yang aspalnya sudah halus.
  • Kira-kira kebun buah ini berjarak 1 km dari lokasi. Nanti setelah bertemu dengan pertigaan, pastikan untuk tetap lurus.
  • Selanjutnya ketika sudah menemukan jalan menanjak, itu menandakan Anda telah sampai.

Harga tiket masuk

Hutan pinus Imogiri termasuk ke dalam kategori tempat rekreasi yang murah meriah. Anda tidak perlu membayar tiket masuk yang mahal. Bahkan kalau datang pada pagi hari, malah tidak ada biaya yang di keluarkan sama sekali.

Anda hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan. Untuk sepeda motor di kenakan biaya sebesar Rp.3.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000.

Pada saat hari libur biasanya tempat ini akan ramai pengunjung. Jika ingin menikmati keindahan hutan dengan nyaman dan menyenangkan, akan lebih baik pada pagi hari atau pada saat jam kerja.

Bukan pada saat musim liburan.

Fasilitas dan kegiatan

Fasum yang tersedia pun sudah sangat lengkap. Karena semakin kemari, semakin banyak di bangun fasilitas pendukung para wisatawan.

Seperti panggung pertunjukan, gardu pandang, toilet, warung makan, mushola dan tempat parkir yang layak.

hutan pinus imogiri - gambar 3

Sumber: Pegipegi.com

Fasilitas Hammocking

Selain itu, hutan juga di lengkapi dengan fasilitas hammocking yang di susun ke atas, tentunya ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Anda pasti pernah melihat foto hammocking yang di susun ke atas dengan rapi. Foto-foto tersebut memang berasal dari hutan pinus Imogiri.

hammocking

Sumber: Tinalatiefblog.wordpress.com

Harga sewanya sebesar Rp.10.000.

Adanya fasilitas ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa duduk dan bersantai menikmati keindahan lingkungannya. bahkan jika keadaannya sedang sepi, Anda bisa tiduran dengan santai.

Spot foto dan berkemah terbaik

Mungkin Anda penasaran apa saja kegiatan yang bisa di lakukan. Tidak heran memang jika berpikir seperti itu, apalagi di sana hanya ada deretan pohon pinus saja, seakan-akan tidak ada yang lainnya.

Sebenarnya ada banyak hal menarik yang dapat di nikmati. Bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang fotografi, kondisi lingkungannya pun bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan hiasan daun yang berguguran dan pohon pinus yang menjulang tinggi. Ini akan menjadi pemandangan yang indah tersendiri.

Ada banyak sekali orang yang membuat foto pre-wedding. Bahkan band asal jogja The Finest Tree pernah membuat video klip di sini.

Selain menjadi tempat pengambilan gambar, hutan pinus Imogiri bisa di jadikan tempat untuk kemping.

Cobalah untuk berkemah di hutan pinus, jangan hanya di gunung saja. Hutan ini juga menyediakan lahan untuk itu. Dan tidak perlu khawatir jika tidak membawa perlengkapannya, Anda bisa menyewa semuanya di sana.

Jika ingin bermalam di sini, setiap pengunjung harus membayar Rp.15.000 untuk setiap orangnya.

Selanjutnya pada saat ingin mendirikan tenda, perhatikan lokasinya terlebih dahulu. Pilihlah kondisi tanah yang datar dan memiliki alas dedaunan. Sehingga tidak begitu becek pada saat terkena air hujan.

Tapi lebih baik datang pada saat musim kemarau. Kalau perlu carilah yang dekat dengan fasilitas umum seperti kamar mandi dan mushola.

Juga pastikan untuk tidak terlalu dekat karena pada pagi harinya, ada kemungkinan akan terganggu dengan lalu lintas para pengunjung tempat wisata ini.

Objek menarik lainnya

Kalau sebelumnya kita berbicara banyak mengenai fasilitas, sekarang saatnya membahas salah satu objek menarik yang ada di sekitar hutan pinus Imogiri.

Ada sebuah sumber mata air tua yang di beri nama Bengkung. Sumber ini di yakini masyarakat sekitar sebagai tempat pertapaan Sultan Agung Hanyokrokusumo.

sumber mata air bengkung - gambar 1
sumber mata air bengkung - gambar 2

Sumber: Navigasi-budaya.jogjaprov.go.id

Catatan: Di bangun pada tahun 1925 hingga 1930 oleh pemerintah Belanda.

Untuk menuju ke Bengkung, Anda bisa berjalan menyusuri hutan mengikuti Watu Abang. Perjalanan juga dapat di tempuh dengan berjalan kaki, selain itu juga bisa menggunakan sepeda motor atau sepeda.

Tetapi harap berhati-hati karena jalannya cukup sempit.

Tips Wisata Di Hutan Pinus Imogiri

Buat yang ingin berwisata, ada beberapa hal yang harus di perhatikan karena ini erat kaitannya dengan kenyamanan bersama. Pertama datanglah dengan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang akan mengangkut Anda.

Kedua, untuk menjaga kebersihan lingkungan, selalu buang sampah pada tempatnya.

Bagi yang suka merokok, jangan pernah membuangnya sembarangan. Daun pinus cepat kering dan mudah terbakar, maka dari itu jauhkan selalu daun dari puntungnya.

Ketiga, datanglah pada pagi hari. Anda dapat melihat matahari terbit dan suasananya juga masih nyaman serta belum terlalu banyak orang.

Untuk masalah makanan atau konsumsi, juga tak perlu khawatir, karena di sini sudah tersedia warung makan yang menyediakan banyak panganan.

Kesimpulannya dari semua itu adalah kalau Anda dan sekeluarga ingin melepas lelah, datanglah kemari. Menikmati suasana yang bebas dari polusi kendaraan tentunya tidak akan mudah Anda temukan di daerah lain.

Lebih daripada itu, jangan lupa untuk mengunjungi kebun buah Mangunan dan puncak Becici. Sekian artikel kami kali ini, semoga cukup bermanfaat dan selamat berlibur.