close

Sejarah Unik Gedung Pencakar Langit Paling Mungil Di Dunia

gedung pencakar langit paling mungil di dunia – gambar 1

Terletak di 701 LaSalle Street, pusat kota Wichita Falls, Texas, ada sebuah bangunan bernama Newby-McMahon Building yang lebih di kenal sebagai “gedung pencakar langit paling mungil di dunia”.

Struktur dari arsitektur mini tersebut memiliki panjang 10 kaki (3 meter) dengan lebar 18 kaki (5,5 meter) dan tinggi 4 lantai. Gedung bata merah bergaya neoklasik ini pernah di liput dan di anugerahi gelar oleh acara Ripley’s Believe It or Not! karena asal usulnya yang unik.

Pada tahun 1922, sebuah kilang minyak bumi di temukan di sekitar kota Burkburnett, Wichita County, Texas. Hal ini kemudian mengakibatkan tingginya pertumbuhan ekonomi dan populasi di sekitar wilayah tersebut.

Beberapa tahun sebelumnya yakni 1918, ada kurang lebih 20.000 penduduk baru tinggal di seputar kilang minyak ini karena di anggap sangat menguntungkan.

gedung pencakar langit paling mungil di dunia

Sumber: Don Baird (Flickr)

Namun, hal ini juga mengakibatkan kurangnya ruang perkantoran di kota tersebut. Sebagai solusinya, seorang pemilik kilang minyak dan insinyur sipil dari Philadelphia bernama J.D. McMahon memutuskan untuk membangun beberapa lampiran lantai di atas gedung Newby Building yang sudah ada sebelumnya.

Melihat adanya peluang investasi yang menguntungkan dari pembangunan gedung tersebut, orang-orang kaya di sekitaran Wichita berinisiatif untuk mengumpulkan dana lalu menyerahkannya (totalnya sebesar 200.000 dolar amerika) kepada McMahon hanya dalam tempo singkat.

Pembangunan gedung pencakar langit paling mungil di dunia

Cetak biru gedung pencakar langit yang di usulkan oleh McMahon kemudian di rancang dan di distribusikan, namun tidak ada yang menyadari bahwa skala cetak biru tersebut menggunakan format inci, bukan kaki.

gedung pencakar langit paling mungil di dunia - gambar 2

Sumber: Brian Carusella (Flickr)

Sebagaimana pembangunan gedung ini sudah berangsur terlihat, investor kemudian menyadari bahwa mereka telah di tipu untuk membeli gedung mungil empat lantai dengan tinggi 480 inci. Padahal, mereka telah memperkirakan bahwa gedung nantinya akan memiliki 48 lantai dengan tinggi 480 kaki.

Para investor kemudian ramai-ramai menggugat McMahon, namun sialnya, pengadilan memutuskan bahwa McMahon telah memenuhi kewajibannya secara legal untuk membangun real estate dan konstruksi bangunan tersebut.

gedung pencakar langit paling mungil di dunia - gambar 3

Sumber: Wikipedia

Ini karena pengadilan berpendapat bahwa para investor telah menandatangani cetak biru yang di serahkan oleh McMahon.

Para investor yang tertipu hanya berhasil mengembalikan sebagian kecil dari investasinya karena perusahaan konstruksi lift elevator menolak untuk menjalankan kontrak setelah mengetahui trik licik yang di lakukan oleh McMahon.

Inilah yang menyebabkan Newby-McMahon Building tidak memiliki tangga loteng karena sedianya akan memanfaatkan lift sebagai alat untuk menaikkan orang dan barang. Oleh karena itu, pemilik memasang tangga panjatan untuk mengakses tiga lantai di atas lantai dasar.

Setelah konstruksi bangunan tersebut selesai. McMahon kemudian meninggalkan Wichita Falls dan Texas dengan santai sambil membawa sejumlah uang investor yang ia tipu secara licik.

Monumen (simbol) penipuan

Dengan berlalunya waktu, Newby-McMahon Building kini di anggap sebagai sebuah monumen dari era industri perminyakan Amerika Serikat yang sudah lama berlalu.

Gedung pencakar langit mungil ini tak lekang di telan waktu meski telah berhadapan dengan banyak badai tornado, kebakaran, dan pengabaian dari masyarakat sendiri.

Meski tidak di anggap sebagai sebuah keajaiban dalam dunia arsitektur, namun riwayatnya yang lucu dan mengenaskan membuat masyarakat Texas kerap menjadikannya sebagai simbol dari keserakahan, korupsi dan penipuan yang menghantui era ledakan industri perminyakan di AS bagian selatan.

Di luar manfaatnya sebagai salah satu atraksi wisata setempat, gedung ini juga di operasikan sebagai sebuah toko barang antik bernama The Antique Wood yang berdiri sejak tahun 2006 di lantai dasarnya. Lantai ketiga telah di rubah menjadi sanggar seni.

The Newby-McMahon Building sendiri telah di tetapkan sebagai Texas Historic Landmark (Bangunan bersejarah) dan tergabung pula ke dalam wilayah bersejarah di kota Wichita Falls.

Sumber gambar utama: Solomon Chaim (Wikimedia)

Travel Sites Catalog