close

Dusun Bambu Bandung, Destinasi Alam Terhits Kota Kembang

dusun bambu bandung

Dusun Bambu Bandung sebenarnya tergolong baru jika di bandingkan wisata alam lain yang sudah lebih dulu populer. Namun, konsep alami tempat wisata ini di kemas dan tersaji dengan apik, gabungan antara nuansa alami dan sedikit sentuhan modern.

Konsep ini jelas merangkul lebih banyak kelas dan segmen pengunjung. Jadi ada apa saja di sana?

Gambar utama: Dusun-bambu.com

Konsep Back to Nature

Sebagaimana di sebutkan di atas, destinasi wisata alam ini memang secara serius mengusung konsep back to nature. Konsep tersebut sebenarnya bukan hal baru tetapi belum ada pihak yang mampu mengemasnya sebaik di Dusun Bambu Bandung.

dusun bambu bandung - gambar 2

Sumber: Dusun-bambu.com

Untuk benar-benar bisa kembali ke alam secara 100%, manusia modern pada zaman ini tentu menemui banyak rintangan dan tantangan. Maka dari itu, tempatnya di kemas sedemikian rupa tanpa meninggalkan fasilitas modern bagi pengunjung, yang benar-benar di buat menyatu.

Kompleknya sendiri memang benar-benar luas seperti dusun sesungguhnya. Keasrian alam di seluruh bagian dusun sangat terjaga dengan baik dan terintegrasi dengan berbagai layanan.

Di sini, Anda akan di ajak melihat dan mengalami secara langsung sensasinya. Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan dunia modern, tempat ini tidak akan terlalu mengerikan karena konsepnya yang masih di sentuh dengan teknologi.

Berbagai fasilitas dan aktivitas yang di tawarkan pun di buat menyatu dengan alam atau setidaknya telah di dukung oleh lingkungannya, agar senantiasa dapat di nikmati dengan maksimal.

Tidak mengherankan jika menjadi sangat populer di kalangan warga Bandung dan daerah-daerah lainnya. Tempat ini benar-benar tidak pernah sepi sepanjang minggu, terutama akhir pekan.

Beragam fasilitas bagi pengunjung

Berbagai fasilitas sudah di siapkan. Pertama, Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan outdoor (luar ruangan) seru seperti bersepeda dan berkemah.

Kegiatan berkemah akan sedikit berbeda karena pengunjung akan mendirikan tendanya sendiri pada sebuah dock kecil. Begitu keluar dari tenda, kita akan di suguhi udara sangat sejuk dan pemandangan yang indahnya membuat hati syahdu.

dusun bambu bandung - eagle camp

Sumber: Andienprintyasari.blogspot.co.id

dusun bambu bandung - eagle camp 2

Sumber: Len-diary.com

Di samping itu, sebagian besar dari kegiatan tersebut sangat cocok bagi anak-anak.

Selain berbagai kegiatan seru dan mendidik, pengunjung juga bisa menemukan berbagai pilihan tempat untuk makan siang. Dusun Bambu memiliki beberapa kafe dan restoran yang harus di coba.

Selain menawarkan suasana nyaman dan menyenangkan, menu-menu yang di sajikan pun terjamin enak dan ngangenin. Beberapa tempat makan bahkan di desain dengan istimewa untuk menambah daya tarik sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan.

Karena banyaknya pilihan, pengunjung yang capek setelah melakukan berbagai aktivitas outdoor bisa segera mengisi perut tanpa kesulitan.

Di samping layanan-layanan itu, Dusun Bambu Bandung juga menawarkan beberapa alternatif sekaligus untuk sarana penginapan atau akomodasi. Pengunjung bisa memilih dari yang terjangkau hingga yang mahal dan ekslusif.

Lokasi terfavorit di Dusun Bambu Bandung

Karena fasilitasnya yang bisa di bilang advance, berkemah atau camping merupakan aktivitas paling populer di bandingkan kegiatan outdoor lainnya.

Hal yang mengejutkan adalah tempat berkemah ini tidak hanya terkenal untuk anak muda tetapi juga keluarga kecil dengan anak-anak.

Mungkin karena fasilitas penunjangnya memadai, para orangtua mendapati tempat ini sebagai area yang tepat untuk memperkenalkan aktivitas tersebut kepada anak-anak mereka.

Seperti sudah di sebutkan sebelumnya, beberapa kafe dan restoran dapat kita di sini dan ada yang menjadi favorit pengunjung, yakni Burangrang Cafe. Kafe tersebut menawarkan menu asli dari Indonesia.

dusun bambu bandung - burangrang cafe

Sumber: Dusunbambu.wixsite.com

Pelanggan di suguhi banyak pilihan menu untuk di kudap. Selain itu, kapasitasnya sendiri dapat menampung hingga 600 tamu dan tempatnya pun cukup tinggi serta berada di dekat danau.

Karena lokasinya yang mempertontonkan pemandangan terbaik, ini otomatis menjadi yang paling hits.

dusun bambu bandung - burangrang cafe 2

Sumber: Easytourbandung.com

Sementara itu, Saung Purbasari menawarkan berbagai menu khas Sunda dengan tema lesehan. Beberapa tempat duduk lesehannya bahkan di lengkapi dengan gazebo, khususnya jika berada di tepian danau.

dusun bambu bandung - saung purbasari

Sumber: Dusun-bambu.com

dusun bambu bandung - saung purbasari 2

Sumber: Rancupid.blogspot.co.id

dusun bambu bandung - saung purbasari 3

Sumber: Andarupratomo.blogspot.co.id

Sementara itu, Rumah Makan Lutung Kasarung menawarkan konsep seolah pengunjung di ajak bergelantungan di pohon dalam sangkar.

dusun bambu bandung - lutung kasarung resto

Sumber: Indonesia.tripcanvas.co (Jenny Wong)

Terakhir, Villa Kampung Layung adalah yang paling ramai di pesan saat ini. Padahal, harga sewanya terbilang tidak murah.

dusun bambu bandung - kampung layung

Sumber: Dusun-bambu.com

Selama hari kerja, harga sewanya per malam bisa mencapai 2,25 juta rupiah per malam untuk vila dengan satu kamar dan 3,25 juta rupiah untuk vila dengan dua kamar.

Pada akhir minggu, tarifnya naik menjadi Rp 500.000,00 lebih mahal. Tentu saja ada banyak alternatif lainnya yang lebih terjangkau untuk Anda sewa saat ingin menginap.

Bagaimana cara mencapainya?

Dusun ini berada di Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung. Ada dua alternatif jalur umum yang bisa Anda tempuh.

Untuk wisatawan yang datang dari Jakarta, pengunjung bisa melewati tol Pasteur atau tol Padalarang. Jika melalui tol Pasteur, Anda langsung saja mengambil arah ke Lembang dan masuk ke Jalan Kolonel Masturi.

Sebagai alternatifnya, pengunjung juga dapat melewati tol Pasteur menuju Jalan Sersan Sodik sebelum masuk ke Jalan Kolonel Masturi. Jika melewati tol Padalarang, di sarankan untuk melewati jalur Cimahi terlebih dahulu.

Lokasinya sangat strategis dan tidak tersembunyi sehingga akan mudah di temukan.

Setiap pengunjung harus membayar sebesar 15 ribu rupiah per orang untuk biaya masuknya.

Tarif tersebut belum termasuk biaya parkir khususnya kalau menginap. Beberapa aktifitas luar ruangan juga memerlukan biaya tambahan sebagaimana pengunjung harus mengeluarkan biaya untuk makan di kafe atau restoran dan menginap di villa.

Tips bagi Pengunjung

Sebelum menuju kemari, ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Walaupun cocok di kunjungi bersama keluarga, kita sebaiknya tetap memperhatikan anak-anak karena medannya yang memang di biarkan alami dan mungkin sedikit sulit bagi anak kecil.
  • Para lansia tidak di anjurkan mendatangi tempat ini kecuali berada dalam kondisi sangat fit.
  • Pengunjung di sarankan untuk mengenakan pakaian yang hangat sekaligus nyaman untuk banyak bergerak, terutama jika ingin melakukan berbagai kegiatan outdoor. Setiap pengunjung di rekomendasikan untuk mengenakan sepatu yang nyaman seperti sepatu olahraga.
  • Pengunjung tidak harus makan di salah satu kafe atau restoran. Pengunjung tetap di izinkan untuk membawa bekal sendiri selama tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jika ingin menginap, pengunjung harus melakukan pemesanan terlebih dulu mengingat tempat ini selalu ramai pengunjung bahkan pada hari kerja.
  • Siapkan baju cadangan sebagai ganti, terutama untuk anak-anak yang ingin melakukan berbagai kegiatan luar ruangan yang di tawarkan.

Jangan mau ketinggalan. Segera kunjungi Dusun Bambu Bandung dan jangan lupa untuk mengajak sebanyak mungkin teman dan kerabat Anda.