close

Danau Weekuri Sumba, Jernihnya Air Sebening Kaca

danau weekuri sumba

Keindahan alam Indonesia memang sangatlah luar biasa, banyak sekali tempat wisata menarik yang bukan hanya di kagumi masyarakatnya namun juga sampai ke mancanegara.

Tuhan telah memberikan banyak kekayaan alam yang begitu mempesona. Berkaitan dengan itu, ada satu daerah tujuan wisata yang layak untuk di kunjungi oleh para traveler yaitu Danau Weekuri.

Gambar utama: Sumba.land

Anda mungkin tidak pernah mendengar nama dari danau ini karena memang belum banyak di ketahui. Weekuri terletak di tengah hutan dan pertama kali di temukan oleh seorang warga perancis ketika menjelajahinya.

Air danaunya sangat jernih, sampai dasarnya pun terlihat sangat jelas.

Kelebihan berikutnya dari Weekuri adalah suhu air yang berbeda-beda. Di posisi tertentu, suhu air menjadi hangat sedangkan di sudut lainnya air akan terasa lebih dingin.

danau weekuri sumba - gambar 1

Sumber: Sumba.land

danau weekuri sumba - gambar 2

Sumber: Ksmtour.com

Gradasi warna yang cantik

Selain airnya yang jernih, pengunjung juga dapat melihat gradasi warna air yang begitu mempesona.

Gradasi ini di hasilkan oleh pantulan cahaya matahari menuju ke permukaan air.

Piknik di bibir danau

Salah satu kegiatan menarik yang bisa di lakukan adalah berpiknik di bibir danau.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke lokasi wisata, wajib membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena di danau Weekuri akan sulit di temui para penjual makanan.

Danau air payau

Weekuri adalah salah satu danau air payau yang ada di Indonesia. Di sebut seperti itu, karena danau ini terbentuk dari percampuran air laut dan air tawar, lalu meresap melalui celah-celah tebing.

Rute menuju Danau Weekuri

Lokasinya terletak di daerah Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Untuk bisa sampai ke sana, Anda bisa berangkat dari Denpasar kemudian terbang menggunakan pesawat menuju Tambaloka di wilayah Sumba Barat.

Setelah sampai di Tambaloka, lanjutkan perjalanan menuju danau dengan kendaraan. Anda tentu harus menyewanya terlebih dahulu, karena di sini sama sekali belum tersedia angkutan umum.

Di perlukan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di danau dari Tambaloka.

Jalan yang harus di lalui pun masih sangat sepi. Jarang sekali ada kesempatan untuk kita bisa bertemu dengan orang atau bahkan kendaraan.

Selain itu tetaplah berhati-hati, karena jalan banyak tertutup oleh semak-semak. Hewan-hewan melata bisa saja pengunjung temui.

Datang di waktu cuaca cerah

Jika ingin menikmati keindahan danau weekuri secara maksimal. ada baiknya datang ketika cuaca sedang cerah.

Pantulan cahaya matahari yang menyinari danau, membuat pengunjung dapat melihat dasarnya dengan sangat jelas. Selain itu, terdapat banyak spot-spot menarik untuk Anda abadikan dengan menggunakan kamera di sini.

danau weekuri sumba - gambar 3

Sumber: Opinikami.com

danau weekuri sumba - gambar 4

Sumber: Satutitiksejutalangkah.blogspot.co.id

Tebing bebatuannya juga cukup menarik. Anda bisa menikmati angin berhembus yang menyejukkan dari atas tebing. Rerumputannya yang seperti Savanna, juga menjadi unsur eksotisme tersendiri dari lokasi wisata.

Wisata alam ini sangat cocok untuk melepas segala penat dari padatnya aktifitas. Suasana yang begitu tenang adalah sebuah hal istimewa untuk bisa di nikmati.

Weekuri hanyalah salah satu dari banyaknya surga tersembunyi di tanah air.

Kita patut bersyukur dan selalu memuji Tuhan yang telah menciptakannya. Semakin kita menghargainya, maka akan semakin baik kita dalam menikmati.