close

Curug Putri Tahura, Green Canyon Tersembunyi Di Banten

curug putri tahura

Sudahkah Anda mengunjungi Curug Putri Tahura di Banten? Jika belum, tidak ada salahnya untuk menjadikan air terjun ini sebagai tujuan wisata Anda berikutnya.

Meskipun letak dari Kota Banten itu berada di daerah ujung barat Pulau Jawa, kita tidak boleh menganggap remeh pesona wisatanya.

Sumber gambar utama: Merahputih.com

Di sini banyak sekali tempat wisata alam yang sangat indah untuk di kunjungi dan sayang jika melewatkannya. Pilihan yang tersedia antara lain seperti pantai Karang Bolong dan Carita Anyer.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyambangi serta menyaksikan kekayaan alam lainnya di Banten, yaitu Curug Putri Tahura.

Letak curug ini lebih tepatnya berada di Taman Hutan Raya Kabupaten Pandeglang, Banten. Mungkin, setelah membaca ulasan berikut ini, Anda akan tertarik untuk mengunjunginya.

Oleh karena itu, mari kita lebih jauh mengenal air terjun ini.

Pesona Green Canyon

Setelah mendengar namanya, Anda pasti terbayang akan adanya tebing menjulang tinggi di sertai air deras turun ke sungai atau aliran air yang ada di bawahnya.

Tetapi ketika datang kemari, justru kita akan menemukan karakteristik berbeda dengan curug pada umumnya. Bentuknya, memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal menarik tersebut, dapat terlihat dari aliran airnya.

curug putri tahura - gambar 1

Sumber: Anyerpedia.com

Ya, aliran tersebut di apit oleh dua tebing. Karakternya yang seperti ini, membuatnya serupa dengan The Little Green Canyon di Pangandaran.

Anda tidak hanya bisa membasuh kaki atau tangan, tetapi dapat pula menyusuri jalur air di bawah dua tebing yang mengapit.

Pengunjung juga tidak perlu takut untuk menyusurinya, karena di sana ada pemandu yang mendampingi.

Jarak pertama pada saat menjejaki kurang lebih sekitar 5 sampai 7 meter (Celah antara dua tebing masih cukup lebar). Kemudian setelah maju sejauh 10 hingga 15 meter, pada bagian ini celah sudah agak menyempit.

Selanjutnya mulai dari sini, kita telah mendekati titik akhir dari air terjun Putri Tahura. itu bisa di pastikan melalui dinginnya dinding tebing, percikan air, suara deburan dan jalur yang semakin sulit di lalui.

Tips wisata ke Curug Putri Tahura

Usahakan untuk selalu membawa kamera tahan air atau ponsel berkamera. Karena, liburan Anda kali ini wajib di abadikan.

Selain tempatnya sangat indah, banyak objek menarik lainnya bisa di ambil gambarnya.

Perihal kenyamanan selama menyusuri jalur air, kita akan di fasilitasi dengan ban pelampung dan pemandu, Biasanya, sang pemandu akan membantu Anda menarik ban yang di kenakan.

Meskipun sudah di jaga oleh pemandu, ada baiknya untuk tetap memperhatikan keselamatan diri dan barang yang di bawa. Jangan terlalu terpesona dengan keindahan alam yang malah membuat Anda terlena sehingga tidak mawas diri.

Lebih daripada itu, setiap pengunjung juga wajib menjaga kelestarian alam air terjun ini. kita tidak boleh melakukan kerusakan dan jangan pula membuang sampah sembarangan.

Karena bukan hanya generasi kita saja yang akan menikmatinya. Tetapi masih ada generasi anak cucu, pastinya juga ingin turut merasakan.

Wisata alam sekitarnya

Tidak hanya dapat menikmati keindahan alam Tahura saja, Anda juga bisa menemui beragam wisata alam yang tak kalah menarik dan mempesona di sekitarnya.

Pertama adalah Curug Gendang, di mana letak dari air terjun tersebut masih berada di satu lokasi. Berikutnya juga ada Cadas Ngampar.

curug gendang - gambar 1

Sumber: Anyerpedia.com

curug gendang - gambar 2

Sumber: Anyerouting-3.blogspot.co.id

curug gendang - gambar 3

Sumber: Ramaloka.com

Letak dari Cadas Ngampar sendiri berada di sekitaran Curug Putri Tahura, tepatnya di Kecamatan Carita.

Nah sudah jelaskan, bagaimana keindahan alam dan pesona yang di berikan. Pastinya, Anda tidak penasaran lagi dan tidak akan menyesal setelah mampir kesana.

Kalau begitu tunggu apa lagi, ayo segera lakukan persiapan untuk berwisata. Di jamin Anda akan merasa sangat puas.