close

Bukit Jamur Gresik, Tempat Wisata Fotogenik Terpopuler

bukit jamur gresik

Untuk para wisatawan, ada tempat yang sedang viral di sosial media saat ini yaitu Bukit Jamur Gresik. Kawasan wisata tersebut memiliki keunikan tersendiri dan berbeda, karena terbentuk dari bekas lahan tambang batu kapur.

Keunggulan utamanya adalah struktur lokasi yang sangat fotogenik, cocok sekali bagi Anda pencinta dunia fotografi.

Gambar utama: Muhammad Nur Aminuddin

Beberapa tontonan populer milik stasiun televisi seperti My Trip My Adventure, lalu kunjungan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar pernah memanfaatkan bukit ini sebagai latar acara.

Berhubungan dengan kondisi lahan, saat ini masih terdapat beberapa titik aktif sebagai tempat aktivitas tambang. Namun khusus untuk Bukit Jamur, seluruh areanya sudah tidak terpakai.

Di sebut dengan istilah demikian, sebab ada sisa-sisa galian (bebatuan) yang bentuknya terkesan seperti jamur, berukuran 7 meter dengan jumlah kurang lebih 40-an buah.

bukit jamur gresik - gambar 1

Sumber: thetravellernews.com

Lokasi dan rute menuju Bukit Jamur Gresik

Letaknya berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah. Berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Gresik. Jalur terbaik yang dapat Anda tempuh untuk sampai kemari adalah melalui Surabaya.

Jika Anda membawa kendaraan roda empat, keluar dari tol Bunder lalu ambil arah kiri. Setelah menemukan pertigaan lampu merah, belok lagi ke kiri untuk memasuki komplek perumahan GKB.

Selain itu, kita juga dapat melewati perempatan Bunder, belok kanan atau ke utara menuju Pertigaan Tenger Kecamatan Manyar. Kemudian ambil arah ke kiri hingga ke Pertigaan Dukun Kecamatan Bungah.

Apabila Anda menggunakan jalur Surabaya – Gresik menuju Lamongan, lanjutkan perjalanan ke arah perempatan Sunan Giri, lurus saja terus sampai tiba di kawasan perumahan tadi.

Dari sini (sampai ke ujung), belok kiri lagi ke Jembatan Sembayat pertigaan Dukun dan masih lurus terus kira-kira 300 meter.

bukit jamur gresik - gambar 2

Sumber: Hari Suseno

bukit jamur gresik - gambar 3

Sumber: Muhammad Nur Aminuddin

Waktu tepat untuk berkunjung

Perlu kita ketahui, Bukit Jamur Gresik cuma di buka pada hari Minggu saja, mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Alasan dari sang pemilik lahan Irsyad Raharja, serta pemerintah desa terkait hal tersebut, supaya tidak mengganggu kegiatan tambang di sekitar kawasan pada hari-hari biasa.

Biaya yang di butuhkan juga cukup murah, cuma di kenakan ongkos parkir sebesar 3.000 rupiah bagi sepeda motor dan 10.000 rupiah untuk mobil. Sumber: dakatour.com.

bukit jamur gresik - gambar 4

Sumber: aemvede.blogspot.co.id

Mengingat kawasan tersebut masih berada pada area bekas lahan tambang seluas mencapai 3 hektar, akan terasa sangat panas pada siang hari. Maka dari itu, jauh lebih baik untuk datang sebelum jam 9 pagi atau 3 sore demi menghindari cuaca panas berlebih.

Ada baiknya pula memiliki persediaan minuman agar tidak terkena dehidrasi saat hawa panas menyengat. Catatan: Tersedia juga jasa sewa payung dan penjual topi, jika Anda lupa membawanya.

Perlu wisatawan ketahui

Sekali lagi, Bukit ini menjadi tempat favorit untuk spot pengambilan gambar. Bahkan, Anda bisa menghemat biaya foto sesi pre-wedding, khusus yang ingin melangsungkan pernikahan.

Berikutnya secara keseluruhan, area wisata masih di kelola oleh pihak swasta. Jadi ada peringatan keras bagi para wisatawan, untuk selalu mematuhi aturan berlaku dan tidak melakukan beragam hal merugikan.

Singkat kata, berbeda dengan tempat wisata lain yang mungkin di penuhi nuansa sejuk. Nilai jual kawasan Bukit jamur Gresik, bukanlah hal itu. Melainkan struktur atau kontur tanah yang tidak rata dan berkandungan kapur putih.

Ini tentunya pas bagi kita yang mendambakan spot indah, serta berbeda.


Ulasan

harga 8.5
fasilitas dan layanan 5.6
kebersihan 7.2

Kesimpulan

7.1 tech score Masih butuh perhatian pemerintah setempat untuk pengelolaan fasilitas dan layanan yang mencukupi kebutuhan wisatawan.