close

Air Terjun Sri Gethuk Jogja, Tersembunyi dan Memikat Hati

air terjun sri gethuk jogja

Jogja memiliki beragam air terjun di lokasi yang tidak terduga. Air terjun Sri Gethuk salah satunya, di mana belum lama ini menjadi sebuah objek wisata dengan pesona yang tidak dapat kita pungkiri.

Belum lagi, ada legenda di balik asal usulnya selain selentingan cerita mistis oleh masyarakat sekitar. Mari cari tahu lebih banyak tentang air terjun tersembunyi tersebut.

Gambar utama: rentalmobilyogyamurah.com

Asal Mula dan Karakter Alam

Jogja memang memiliki banyak sekali kisah. Di antaranya adalah legenda dari nama air terjun ini. Walaupun sekilas mirip nama makanan khas dari Jogja, istilah Gethuk berasal dari “Kethuk” yang merupakan salah satu jenis alat musik gamelan Jawa.

air terjun sri gethuk jogja - gambar 1

Sumber: Andiputra2012.wordpress.com

air terjun sri gethuk jogja - gambar 2

Sumber: idparadise.com

Konon, Sri Gethuk menjadi lokasi untuk tempat penyimpanan kethuk, biasa di mainkan oleh jin bernama Anggo Meduro. Tentu saja, tidak ada yang bisa mengklarifikasi benar tidaknya hal itu.

Tetapi menurut warga sekitar, kadang terdengar suara gamelan yang cukup nyaring dari Sri Gethuk. Bikin merinding bukan? Mungkin karena legenda inilah, di namai demikian.

Air terjun letaknya juga terpencil. Pengunjung tidak bisa langsung menuju lokasi tanpa perjalanan cukup menantang. Tetapi, di jamin seru dan layak untuk Anda lakukan.

air terjun sri gethuk jogja - gambar 5

Sumber: Liburmulu.com

Selain itu, kesan “tersembunyi” membuat Sri Gethuk seperti surga rahasia dan seharusnya tidak ada di lingkungan alam Gunung Kidul. mengapa?

Gunung Kidul terkenal kering dan tandus karena mayoritas lahan adalah bukit kapur. Untuk persediaan air saja, penduduk setempat harus berusaha lebih di bandingkan penduduk Yogyakarta lain.

Nah, dengan kondisi alam seperti ini, kehadirannya benar-benar di luar dugaan. Ajaib sekali. Tidak mengherankan kalau kemudian menjadi pusat perhatian.

Saat berkunjung, akan jelas terlihat bahwa air terjun ini di kelilingi oleh keasrian alam dan belum tersentuh peradaban sama sekali.

Baca: 12 Air Terjun Terindah di Indonesia wajib Anda sambangi

air terjun sri gethuk jogja - gambar 6

Sumber: Panoramio.com (Soga Soegiarto)

air terjun sri gethuk jogja - gambar 7

Sumber: happytravelandliving.blogspot.co.id

Walaupun berada di sekitaran bukit kapur dengan dinding kering, air terjun tersebut tetap terkelilingi oleh pepohonan cukup lebat yang hijau segar.

Suasana pun terasa jauh lebih sejuk daripada tempat terdekat lain. Rasanya tidak berlebihan kalau kami sebut sebagai oase di tengah gurun panas.

Air terjun seolah memiliki banyak keunikan. Berada di daerah pegunungan kapur dan kadang terdengar suara gamelan nyaring, Sri Gethuk juga hampir tidak pernah mengalami debit air rendah.

Walaupun daerah sekelilingnya cenderung sulit mendapat air, tempat ini justru selalu mengalir deras bahkan saat musim kemarau.

Keindahan dan kesegarannya seolah-olah tidak pernah berhenti dan terus-menerus mengundang wisatawan. Pada musim kemarau khususnya, jumlah pengunjung justru paling ramai.

Cara mencapai air terjun Sri Gethuk

Dari area parkir, pengunjung bisa di capai dalam dua cara:

Pertama, Anda harus berjalan kaki hingga tiba di lokasi melalui jalan setapak terjal dan tidak mudah di lalui. Jalan setapak itu juga sering kali licin, sehingga kami himbau untuk selalu berhati-hati. Melewati pepohonan, panasnya udara juga sedikit berkurang.

air terjun sri gethuk jogja - gambar 3

Sumber: klxadventure.com

Kedua, kita bisa naik rakit buatan milik pemerintah berbahan dasar papan kayu dengan pagar besi, serta kaki-kaki dari drum bekas.

Dengan menggunakan rakit, wisatawan akan di ajak menyusuri aliran sungai Oya yang senantiasa deras. Jalur tersebut juga sama menantangnya seperti jalan setapak.

air terjun sri gethuk jogja - gambar 4

Sumber: pusaka-indonesia.com

Sampai di lokasi, pengunjung akan terpesona dengan strukturnya yang istimewa. Ada beberapa titik air terjun bisa Anda temukan. Semua itu turun ke dinding batu menuju undak-undakan alami di bawahnya sebelum masuk ke muara.

Air Terjun Sri Gethuk sebenarnya tidak jauh dari pusat kota Jogja, hanya sekitar 28 km. Namun, karena lokasinya cukup tersembunyi, akan lebih mudah untuk menaiki kendaraan pribadi daripada kendaraan umum.

Pengunjung hanya perlu berkendara ke arah kota Wonosari. Dari jalan utama, silakan lewati daerah Janti lalu belok ke arah kanan menuju jalan Ringroad Selatan. Pada persimpangan kedua, ambil jalan ke kiri (mengarah ke kota Wonosari).

Namun, sebelum masuk ke jalur menuju kota, Anda akan bertemu dengan persimpangan Gading. Dari persimpangan tersebut, ambil arah lagi ke daerah Playen Dingo. Setelah sampai di Playen Dingo, cobalah bertanya kepada penduduk sekitar tentang lokasi air terjun.

Letaknya sudah tidak jauh. Dari pusat kota, perjalanan hanya akan menghabiskan waktu sekitar satu jam.

Buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore dengan harga tiket masuk (paket wisata) sebesar 30.000 rupiah per orang.

Catatan: Harga sudah termasuk tur ke Gua Rancang Kencono.

Namun untuk tiket ke air terjun saja, cukup membayar 3.000 rupiah per orang. Untuk menyewa perahu atau rakit, akan di kenai biaya sebesar 5.000 rupiah dan 2.000 rupiah untuk sewa ban berenang.

Tips untuk Anda (Wisatawan)

Agar perjalanan lebih menyenangkan dan berkesan, silakan simak beberapa tips berikut:

  • Usahakan untuk berangkat pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu panas.
  • Kenakan pakaian yang menyerap keringat dan nyaman untuk bergerak. Bawa pakaian ganti jika ingin bermain di air terjun.
  • Kenakan alas kaki nyaman saat berjalan dan tidak licin (akan sangat berguna pada area yang teraliri air atau basah).
  • Bawa bekal minum cukup, karena udara sangat menyengat. Kenakan pula pelindung kepala untuk mengurangi rasa panas.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Akhir kata, Keindahan air terjun Sri Gethuk seolah tidak ada habisnya. Segera jadikan objek wisata ini ke dalam daftar destinasi Anda selanjutnya.