close

Coban Tundo, Pesona Air Terjun 3 Tingkat Di Malang

coban tundo

Coban Tundo adalah air terjun yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi apabila sedang berwisata ke kota Malang. Khususnya bagian selatan.

Sebenarnya letak dari kawasan Coban Tundo ini cukup tersembunyi, yakni berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan normal. Tepatnya di dukuh Sidoasri, Desa Tambak Asri, Kecamatan Manjing Wetan Kabupaten Malang.

Berbeda dengan tempat wisata serupa lainnya yang memiliki tiket masuk terbilang mahal, untuk bisa masuk ke air terjun Coban Tundo, kita cuma perlu membayar sebesar 5.000 rupiah saja untuk tiket masuk dan 5.000 rupiah lagi untuk biaya parkir.

Gambar utama: 500px.com (Rega Rinaldo)

coban tundo - gambar 2

Sumber: Asliindonesia.net

Yang membuatnya menjadi spesial adalah karena curug memiliki 3 tingkatan air terjun yang berbeda-beda, namun masih dalam satu aliran. Jadi untuk dapat menikmatinya Anda tidak perlu berpindah tempat terlalu jauh.

Ada pun nama dari ketiga tingkatan tersebut adalah Coban Tundo Siji, Tundo Loro, dan Tundo Telu.

Coban Tundo Siji

Merupakan air terjun yang posisinya pas untuk berenang. Struktur kolamnya tidak terlalu tinggi, cuma 5 meter dan berkedalaman 2 meter saja. Sehingga aman untuk di masuki.

coban tundo siji - gambar 3

Sumber: Anomharya.com

Coban Tundo Loro

Untuk Tundo Loro, luasnya lebih besar di bandingkan dengan Coban Tundo Siji. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 meter berkedalaman mencapai 7 meter.

Walaupun dalam, curug tersebut paling ramai di kunjungi karena memiliki pemandangan terbaik dan cocok untuk spot pengambilan gambar atau foto. Areanya juga sangat nyaman karena cukup lebar.

coban tundo loro - gambar 1

Bagi yang berani, silakan coba untuk melompat dari ujung paling tinggi. Selain itu, Ada juga lokasi favorit lainnya, yaitu batu besar di samping air terjun. Seringkali batu tersebut di gunakan sebagai pijakan sebelum melompat ke kolam.

Tersedia pula tempat penyewaan ban bertarif 5.000 rupiah, untuk Anda yang tidak dapat berenang. Di sekitaran lokasi, juga banyak kita temukan para penjual makanan dan minuman.

Lokasinya bisa di akses dengan cara berjalan kaki selama 15 menit dari area parkir kawasan. Jalan yang di lewati pun sangat menarik, di mana pengunjung akan menikmati sejuknya suasana ladang dan perkebunan.

Coban Tundo Telu

Tundo Telu merupakan air terjun paling tinggi di antara dua Coban lainnya. Ketinggiannya mencapai 15 meter.

Pemandangannya pun tak kalah indah. Hal itu tak lain di sebabkan oleh tetesan air dari Tundo Telu mengalir melewati aliran kecil, menyusuri batu tebing yang sangat tinggi dari atas hingga ke dasar.

coban tundo telu - gambar 4

Sumber: Asliindonesia.net (Febi Prathama)

Tips wisata

Kawasan Air Terjun Coban Tundo memang lumayan jauh dari pusat kota Malang. Namun perjalanan yang cukup sulit Anda tempuh tersebut, akan terbayar dengan keindahan alamnya.

Untuk mencapai area wisata, di sarankan untuk mengendarai kendaraan roda dua saja karena kondisi jalan yang sempit dan terjal. Lebih daripada itu, di sana jarang di temui SPBU. Selalu pastikan kendaraan memiliki bahan bakar cukup.

Jika baru pertama kali kesana, dan perlu dampingan orang yang tahu persis lokasinya, jangan malu untuk bertanya mengingat jalur tempuh menuju lokasi yang berliku.

Perlengkapan utama yang harus di bawa

  • Baju ganti
  • Kamera (action cam, mirrorless, slr)
  • Pelindung kamera (case waterproof)

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai kawasan wisata alam Coban Tundo yang begitu mempesona. Ulasan di atas membuktikan betapa banyaknya kekayaan alam Indonesia.